Diduga Langgar UU ITE, Mayang Layangkan Somasi ke Brand Skincare 'T'

Minggu, 3 April 2022 | 11:30:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Diduga Langgar Uu Ite, Mayang Layangkan Somasi Ke Brand Skincare 'T'

Mayang. (Instagram.com/mayang.soedrajat)

Ladiestory.id - Anak kandung Doddy Sudrajat, Mayang, baru-baru ini mengaku kembali dirugikan atas tanggapan brand skincare berinisial T. Oleh karena itu, ia melayangkan somasi ke brand tersebut melalui kuasa hukum, Farhat Abbas.

"Kami sudah membuat suatu somasi tertulis di mana, kita lihat perkembangannya terkait jawaban apa yang mereka lakukan terkait dengan hal yang menimpa atau merugikan klien kami Mayang," ungkap Farhat Abbas.

Farhat Abbas mengatakan bahwa sang klien merasa dirugikan lantaran data pribadinya disebar tanpa izin ke media sosial. Dokumen yang diunggah oleh brand 'T' ini berupa nama lengkap, jenis barang, hingga waktu pemakaian pembelian.

"Produk tersebut melalui media sosial resmi telah mengunggah data pribadi klien kami tanggal 29 Maret. Di mana, dokumen tersebut mengandung nama lengkap, jenis barang yang telah dibeli dan waktu pembelian," jelas Farhat Abbas.

Terkait kasus ini, Farhat Abbas melayangkan somasi atas dugaan pelanggaran UU ITE. Kuasa hukum Mayang menyebut bahwa brand skincare ini dapat terancam 5 tahun penjara.

"Kalau untuk Pasal 48 UU ITE ayat (1), kaitannya dengan Pasal 32, itu denda Rp2 Miliar. Pasal 2 nya denda Rp3 Miliar atau pidana 9 tahun penjara," kata Farhat Abbas.

"Sedangkan ayat (3), denda Rp5 Miliar atau paling lama penjara 10 tahun. Terhadap perbuatan tersebut ancaman hukumannya 5 tahun lo," lanjutnya

Farhat Abbas berharap brand skincare 'T' menanggapi somasi tersebut dan melakukan itikad baik kepada Mayang. Pihaknya memberikan waktu selama tiga hari untuk brand tersebut.

"Berdasarkan ini kami minta dalam waktu 3 x 24 jam, sejak surat ini, agar pemilik akun tersebut dan pemilik produk tersebut merespon dengan itikad baik, meminta maaf, atau pun boleh musyawarah dan bertemu dengan Mayang," tutur Farhat Abbas.

Sebelumnya, Mayang menjelaskan bahwa ia merasa dirugikan oleh salah satu produk dari brand skincare 'T' yang mengakibatkan wajahnya menjadi breakout. Hal ini disampaikan melalui unggahan di Instagram miliknya.

Merasa tak terima dengan tudingan tersebut, brand skincare T menanggapi melalui unggahan di Instagram resminya.

"Kami memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar kami mampu menyelesaikan masalah ini dengan cara yang bijaksana," tulis brand skincare T.