Digunakan dalam Produk Kecantikan, Ini 6 Manfaat Spirulina Bagi Kulit

Senin, 20 November 2023 | 21:28:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Digunakan Dalam Produk Kecantikan, Ini 6 Manfaat Spirulina Bagi Kulit

Ilustrasi Spirulina. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, mungkin kamu sering mendengar spirulina sebagai bahan kandungan produk kecantikan. Yup, tumbuhan mikro ganggang laut ini dikenal pula sebagai ganggang hijau biru (Cyanobacteria) memiliki ragam kandungan manfaat serta dikenal sebagai sumber nutrisi alami bagi tubuh.

Spirulina bahkan dikenal sebagai superfood karena kaya akan protein, mineral, kandungan lemak esensial, serta vitamin yang baik untuk perawatan kulit dan sudah digunakan sejak bertahun-tahun lalu. Saat ini pun sudah banyak produk kecantikan, obat-obatan maupun makanan yang memanfaatkan kandungan spirulina didalamnya sebagai masker skincare, suplemen makanan maupun obat-obatan.

Nah, berikut ini enam  manfaat spirulina bagi kulit yang bisa kamu dapatkan, simak yuk!

Mengatasi Jerawat

Ilustrasi Kulit Berjerawat. (Freepik)

 

Salah satu masalah kulit yang kerap dialami oleh seseorang ialah jerawat. Munculnya jerawat tentu sangat menjengkelkan bahkan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Jerawat yang muncul bisa saja menimbulkan bekas bahkan mengakibatkan peradangan pada kulit bahkan kulit menjadi terasa perih dan nyeri. Untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit, kamu bisa memanfaatkan cream wajah, masker maupun facial wash dengan kandungan spirulina. Kandungan spirulina dalam skincare ini dapat melindungi kulit dari racun, meredakan peradangan atau kemerahan.

Detoksifikasi Kulit

Ilustrasi Detoksifikasi Kulit. (Freepik)

 

Spirulina kerap diolah sebagai bahan pangan maupun industri dalam obat-obatan, spirulina juga dikenal  dapat menangkal racun dalam tubuh, oleh sebab itu kamu pun bisa memanfaatkan krim ataupun masker dari produk kecantikan dengan kandungan spirulina  guna mendetoksifikasi kulit untuk menangkal racun yang terdapat dalam kulitmu. Spirulina juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang mampu melindungi kulit dari kerusakan okisdasif.

Mengatasi Penuaan

Ilustrasi Penuaan. (Freepik)

 

Spirulina atau yang dikenal sebagai ganggang hijau biru ini mengandung vitamin E, tokoferol, serta beta karoten yang dapat menjaga kecantikan kulit serta menjadikan kulitmu awet muda dan mengatasi penuaan. Nah, kamu pun bisa menggunakan bahan alami spirulina untuk dijadikan sebagai masker wajah, saat ini pun sudah tersedia bubuk spirulina yang bisa kamu aplikasikan sebagai masker wajah dan bisa kamu lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mencerahkan Wajah

Ilustrasi Kulit Wajah. (iStock)

 

Spirulina juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu menyamarkan noda hitam di wajah sekaligus mencerahkan kulit. Sedangkan beberapa produk kecantikan yang mengandung spirulina  ini memiliki bahan kandungan aktif untuk mengatasi kondisi kulit wajah yang kusam dan membantu mengatasi kerusakan pada sel-sel kulit.

Meningkatkan Kolagen

Ilustrasi Kolagen Kulit. (Freepik)

 

Spirulina mengandung asam amino, glisin dan prolin yang dapat membantu meningkatkan kolagen agar lebih maksimal sehingga spirulina kerap digunakan sebagai antibiotik alami bagi kulit dalam produk kecantikan, tak hanya itu spirulina ini pula dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan awet muda.

Melembapkan Kulit

Melembapkan Kulit. (Special)

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berbagai kandungan baik yang terdapat di spirulina memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang baik bagi kulit sehingga dapat menyegarkan kulit wajah, membantu melembapkan kulit, menghidrasi sekaligus menutrisi kulit. Kamu pun bisa memilih toner maupun facial wash dengan kandungan spirulina yang terdapat dalam brand perawatan kulit atau kecantikan untuk mendapat hasil maksimal.

Nah, Ladies itu dia ke enam  manfaat yang bisa kamu dapatkan dari spirulina, tentunya kamu pun harus berhati-hati dalam memilih produk kecantikan baik itu produk kecantikan baik ataupun dijual dengan harga murah  agar tidak timbul bahaya atau masalah pada kulit. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.