Dijamin Ampuh! Tips Rawat Rambut agar Tidak Mengembang

Rabu, 27 Juli 2022 | 23:40:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

Dijamin Ampuh! Tips Rawat Rambut Agar Tidak Mengembang

Tips merawat rambut agar tidak mengembang. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki rambut yang mengembang, apalagi bagi para wanita yang tidak berhijab bisa jadi suatu permasalahan yang serius, loh. Karena dengan penampilan rambut mengembang pasti akan sangat menganggu dan membuat kehilangan rasa percaya diri.

Rambut mengembang biasanya disebabkan lantaran produksi minyak alami dalam rambut berkurang sehingga rambut terlalu kering dan cenderung mengembang. Selain itu, juga disebabkan oleh cara perawatan yang tidak sesuai, serta kebiasaan-kebiasaan yang memicu rambut mengembang, seperti banyak terpapar sinar matahari atau udara kering, keramas lebih dari 4 kali dalam seminggu, hingga penggunaan produk yang tidak sesuai. 

Tentu kamu tidak mau kan mengalami permasalahan rambut mengembang terus-menerus? Maka dari itu, simak tips merawat rambut agar tidak mengembang berikut ini ya Ladies. 

Gunakan Produk yang Tepat

Tips merawat rambut agar tidak mengembang. (Special)

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah memperhatikan produk rambut yang digunakan. Sangat disarankan untuk menggunakan produk yang sesuai dengan permasalahan rambut kamu saat ini. 

Misalnya, permasalahan kamu adalah rambut mengembang, maka pilih produk yang memang sesuai untuk perawatan pada kondisi rambut jenis ini. Produk yang sesuai pastinya akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik, karena kandungan bahan di dalamnya sudah diformulasikan untuk menangani kondisi rambut yang dimaksudkan.

Ganti Handuk

Tips merawat rambut agar tidak mengembang. (Special)

Mungkin hal yang satu ini cukup banyak disepelekan dan dianggap tidak begitu berpengaruh. Padahal, dengan mengganti handuk bisa mengatasi permasalahan rambut mengembang, loh.

Ketika kamu rutin mengganti handuk, maka kerusakan pada rambut bisa diminimalisir. Sangat disarankan untuk menggunakan handuk microfiber saat mengeringkan rambut yang basah agar rambut tidak semakin mengembang.

Keramas dengan Air Hangat

Tips merawat rambut agar tidak mengembang. (Special)

Tips lainnya agar rawat rambut tidak mengembang yaitu dianjurkan keramas menggunakan air hangat atau suam-suam kuku saja. Menurut Swirlster, mencuci rambut menggunakan air panas akan menghilangkan minyak alami dan kelembapan dari batang rambut. Kondisi tersebut bisa menyebabkan kulit kepala menjadi dehidrasi dan rambut lebih mengembang. 

Sehingga sebaiknya hindari penggunaan air yang terlalu panas untuk kegiatan keramas kamu. Karena justru akan membuat rambut kamu semakin mengembang. Gunakan air suam-suam kuku, yang mana tidak terlalu panas, namun juga tidak terlalu dingin. 

Keringakan Rambut Secara Alami

Tips merawat rambut agar tidak mengembang. (Special)

Jika kamu keringkan rambut dengan alami, maka rambut akan lebih lembut dan tidak mudah mengembang. Banyak wanita yang lebih memilih untuk mengeringkan rambut dengan menggunakan bantuan hair dryer. Memang cara ini akan membuat rambut kering dengan lebih mudah dan cepat. Namun, jika terlalu sering juga bisa menyebabkan rambut rusak loh!

Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengeringkan rambut dengan cara alami, demi mendapatkan rambut yang tetap sehat.

Saat kamu ingin melakukan styling pada rambut dengan catokan, juga disarankan untuk menggunakan vitamin rambut yang cocok dengan kondisi agar rambut tetap terjaga.

Jangan Sering Sentuh Rambut

Tips merawat rambut agar tidak mengembang. (Special)

Salah satu tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk merawat rambut agar tidak mengembang adalah jangan terlalu sering menyentuhnya. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun lagi-lagi sangat berpengaruh, loh. 

Ketika kamu terlalu sering menyentuh rambut, bisa menyebabkannya semakin mengembang. Maka dari itu, mulai sekarang hindari kebiasaan terlalu sering menyentuh rambut ya Ladies, agar rambut tetap mudah diatur.

Itu dia tips merawat rambut agar tidak mengembang yang bisa kamu coba lakukan. Jika diterapkan secara rutin, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan rambut yang sehat dan tidak mengembang. 

s