Diselenggarakan 14 November Mendatang, Berikut Daftar Juri Piala Citra FFI 2023

Jumat, 3 November 2023 | 17:31:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Diselenggarakan 14 November Mendatang, Berikut Daftar Juri Piala Citra Ffi 2023

Piala Citra FFI 2023. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Ladiestory.id - Menjelang Malam Anugerah Piala Citra Festifal Film Indonesia (FFI) 2023 pada 14 November 2023 mendatang, Komita FFI pun mengumumkan nama-nama dewan juri tahap akhir yang terpilih untuk memberikan penilaian.

Nama-nama dewan juri tersebut terbagi dalam beberapa kategori seperti Film Cerita Panjang, Film Cerita Pendek, Film Dokumenter, Film Animasi, Kritik Film, dan Ketegori Pengabdian Seumur Hidup Untuk Film.

Adapun Dewan Juri Akhir (DJA) yang terdiri dari 23 orang merupakan perwakilan dari ekosistem perfilman Indonesia dengan latar belakang profesi berbeda mulai dari produser, pemeran, kritikus, hingga akademisi.

Piala Citra FFI 2023. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Untuk Dewan Juri Akhir (DJA) Film Cerita Panjang yang beranggotakan Agni Ariatama, Andhy Pulung, Ekky Imanjaya, J.B Kristanto, Raihaanun, Sekar Ayu Asmara, Shanty Harmayn, dan Yuyu Unru.

DJA Film Cerita Pendek adalah Nauval Yazid, B.W. Purba Negara, dan S.M. Gietty Tambunan.

DJA Film Dokumenter adalah Yuda Kurniawan Arifianto, Arfan Sabran SSI dan Yuki Andari Merdikaningtyas.

DJA Film Animasi Daryl Wilson, Aditya Traintoro, dan Wardana Riza.

Kemudian DJA Kritik Film adalah Anton Sutandio, Irak Satrya Wibawa, dan Anbisq Rachmatika. Terakhir Dewan Pengabdian Seumur Hidup untuk Film tahun ini terdiri dari Christine Hakim, J.B. Kristanto, dan Slamet Rahardjo Djarot.

Nantinya, Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 akan diselenggarakan di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta pada Selasa, 14 November 2023, pada pukul 19.00 WIB.

Selain itu, acara ini nantinya juga akan disiarkan secara langsung di YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.

Malam Anugerah FFI 2023 mengambil tema dan konsep ‘Citra’ yang menjadi nama penghargaan FFI sejak 1967. FFI 2023 sekaligus menjadi tahun terakhir untuk Komite FFI periode 2021-2023 yang diketuai Reza Rahadian.

"Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 mengangkat konsep Citra. Kami ingin memberikan suguhan kepada insan perfilman dan masyarakat bahwa film dan para insan film yang masuk nominasi tahun ini juga menjadi bagian dari citra perfilman kita. Selama tiga tahun terakhir, berbagai dinamika di perfilman kita lalui," ungkap Reza Rahadian dalam konferensi pers Piala Citra FFI 2023, di kawasan Sudirman, pada Kamis (2/11/2023).

Piala Citra FFI 2023. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Menjadi tahun terakhir Reza Rahadian menjabat sebagai ketua komite, Ia pun mengungkap selama tiga kali FFI terlaksana dalam periodenya, sudah banyak capaian yang dilalui. Salah satunya, melakukan adaptasi pada beberapa persyaratan untuk film yang layak mendaftar.

Sehingga di tahun ini muncul beberapa kategori baru seperti kritik dan kategori nominasi favorit pilihan penonton.

"Kami ingin memberikan suguhan kepada insan perfilman dan masyarakat bahwa film dan para insan film yang masuk nominasi tahun ini juga menjadi bagian dari citra perfilman kita. Selama tiga tahun terakhir, berbagai dinamika di perfilman kita lalui," tandas Reza Rahadian.