Dituding Lakukan Plagiat, Agensi IU Berikan Tanggapan

Minggu, 14 Mei 2023 | 16:38:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Dituding Lakukan Plagiat, Agensi Iu Berikan Tanggapan

IU. (Special)

Ladiestory.id - Penyanyi asal Korea Selatan, IU dilaporkan ke pihak berwenang atas dugaan plagiat musik. IU dituduh melakukan plagiat atas enam lagu, yakni Good Day, The Red Shoes, Pitiful, Boo, BBIBBI, dan Celebrity. Dalam laporan tersebut, sang pelapor menuding IU meniru intro lagu lain untuk keenam lagunya tersebut.

Menanggapi hal tersebut, EDAM Entertainment, agensi yang menaungi IU pun memberikan tanggapannya. Pihak agensi menyebutkan bahwa mereka belum menerima surat resmi dari kepolisian soal laporan tersebut.

EDAM Entertainment mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah mendalami informasi, termasuk mencari tahu isi dugaan gugatan itu setelah beredar pemberitaan dari berbagai media Korea.

“Sehubungan dengan ini, kami belum menerima kontak resmi dari lembaga investigasi, sehingga aduan (yang diajukan) baru kami ketahui melalui berita,” kata EDAM Entertainment dalam pernyataan resminya, melansir berbagai sumber, Minggu (14/5/2023).

“Kami belum memeriksa isi pengaduan resmi yang disebut oleh media, dan kami menyatakan bahwa kami sedang mencari tahu informasi tersebut,” sambung pernyataan agensi.

IU. (Special)

Lebih lanjut, pihak agensi mengatakan bahwa pihaknya tidak akan tinggal diam dengan laporan-laporan yang diklaim palsu tersebut. Pihak agensi bahkan siap melaporkan kembali pihak-pihak yang menyebar rumor tak berdasar hingga informasi menyimpang terhadap artis pemilik nama asli Lee Ji Eun tersebut.

“Kami sangat menyadari keseriusan masalah ini, dan kami memutuskan bahwa kami tidak bisa tinggal diam terlalu lama atau mengabaikan masalah tersebut,” kata agensi.

“Agensi berencana mengambil tindakan hukum yang tegas terhadap tindakan kriminal yang berulang kali mencemarkan nama baik dan menyerang karakter (artis) atau memproduksi informasi palsu,” pungkasnya.

Sebagai informasi, IU telah memulai debutnya sebagai seorang penyanyi di tahun 2008 di usianya yang  baru menginjak 15 tahun. Kala itu ia merilis album mini pertamanya yang bertajuk “Lost and Found”.