Diva Korea, Intip Profil IU yang Penuh Bakat

Kamis, 20 Januari 2022 | 20:15:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Diva Korea, Intip Profil Iu Yang Penuh Bakat

Profil IU. (Special)

Ladiestory.id - Nama IU sudah tak asing lagi di telinga banyak orang. Tak hanya kaum hawa, namun IU juga dicintai oleh para laki-laki. Tak perlu ditanya, paras yang cantik, suara yang merdu, akting yang memukau membuat semua mengidolakan penyanyi dari Negeri Ginseng tersebut.

Namun rupanya, perjalanan karier IU tidaklah mudah. Sebab pada dasarnya IU berasal dari keluarga menengah ke bawah. Bahkan dirinya pernah tinggal di rumah yang bisa dikatakan tidak layak huni. Hingga puluhan kali tidak lolos audisi, tidak ada agensi yang mau menerimanya.

Yuk ketahui profil IU!

Profil IU

Profil IU. (Special)

 

Lee Ji Eun atau akrab disapa IU merupakan penyanyi ternama asal Korea Selatan kelahiran 16 Mei 1993. Nama tenar IU didapat dari kata "I and You (aku dan kamu)". Nama IU sendiri menggambarkan "kita" yang menjadi "satu" karena musik.

Keluarga IU bukan berasal dari kalangan pejabat ataupun selebriti Korea Seatan. Terlahir dari keluarga sederhana, hingga IU pernah tinggal di rumah sempit yang hanya memiliki satu kamar.

Perjalanan Karier IU

Awal karier IU dimulai pada 2008 ketika dirinya debut menjadi penyanyi dan tampil dalam Mnet M!. Namun sebelum itu, terdapat cerita mengahurkan tentang perjuangan UI.

Sempat memiliki kesulitan ekonomi membuat IU nekat ikut audisi sebanyak 20 kali. Naasnya, dari banyaknya audisi yang diikuti tidak ada satupun yang dapat ditembus IU, termasuk JYP Entertainment.

Profil IU. (Special)

 

Pada usia 15 tahun, IU kecil menandatangani kontrak dengan agensi LOEN Entertainment (Kakao M). Namun sebelumnya IU sempat berlatih di bawah naungan agensi Good Entertainment. Usai menjadi trainee di Leon Entertainment, lagi-lagi IU pindah ke agensi EDAM Entertainment tepatnya pada 6 Januari 2020.

Namun sebelumnya pada 24 September 2008 IU merilis single "Lost Child" yang tergabung dalam album pertamanya yakni Lost and Found. Bahkan, IU juga mendapatkan penghargaan yakni "Rookie of the Month".

Kemudian lewat lagu bertajuk "Nagging" hasil kolaborasi dengan Seulong 2PM, nama IU mulai dikenal banyak orang. Lagu ini dirilis pada 2010 silam dan berhasil menyabet beberapa penghargaan.

Kian hari hingga kini, nama IU semakin menjulang hingga popularistasnya tinggi. Bahkan IU juga dijuluki Diva Korea dan Digital Monster.

Sukses di dunia tarik suara, IU melebarkan sayapnya di dunia seni peran. Terlebih melalui drama yang dilakoninya lewat judul Dream High (2011), nama dari pelantun "Celebrity" ini kian melonjak. Walaupun IU tidak menjadi pemeran utama, ya namanya saja baru debut di serial drama Korea.

Tak berhenti dan puas dalam melalui perannya sebagai Kim Pil Suk dalam drama Dream High ini. Kian tahun, akting IU semakin matang sehingga dirinya sukses membintangi beberapa judul drama seperti The Producers (2015) , Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016), My Mister (2018), dan Hotel del Luna (2019).

Percintaan IU

IU pernah dirumorkan berpacaran dengan Enhyuk Super Junior . Pada tahun 2012 silam tersebar foto misterius di Twitter. Foto tersebut memperlihatkan IU sedang menggunakan piyama bersama Enhyuk yang sedang bertelanjang dada.

Meskipun tak lama, foto itu segera dihapus. Namun tetap saja menimbulkan pertanyaan dan persepsi netizen terhadap foto tersebut. Tak heran jika banyak yang menganggap keduanya memiliki hubungan yang spesial.

Setahun kemudian, IU dirumorkan berpacaran dengan Lee Hyun Woo. Hal ini juga dibuktikan melalui sebuah foto, IU dengan aktor Korea Selatan ini sedang berada di bioskop. Namun dalam kasus ini, kedua agensi menampik dan mengatakan bahwa mereka hanyalah teman.

Profil IU. (Special)

 

Akhirnya pada 2013 IU berpacaran dengan Jang Kiha dengan perbedaan usia 11 tahun. Meski sempat putus nyambung, namun hubungan mereka bertahan selama 4 tahun. Barulah mereka benar-benar mengakhiri hubungan pada Januari 2017.