DIY, Lulur Alami Untuk Kulit Kusam Agar Terlihat Lebih Cerah

Selasa, 22 Desember 2020 | 00:26:45

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Diy, Lulur Alami Untuk Kulit Kusam Agar Terlihat Lebih Cerah

Lulur untuk kulit kusam juga perlu diaplikasikan sesuai dengan tipe kulit kamu. Jika memiliki kulit berminyak kamu dapat menggunakan lulur setiap 2 hari sekali. Untuk pemilik kulit kering dan sensitif, batasi pemakaian lulur hingga 1 kali seminggu.

Macam-macam Lulur Untuk Kulit Kusam dengan Bahan Alami

Lulur yang umumnya dapat digunakan saat mandi ini sebaiknya tidak digunakan tiap hari karena berisiko menyebabkan iritasi kulit. Bagi kamu yang baru akan mencoba khasiat lulur, kenali dulu beberapa bahan yang umumnya terkandung di dalam lulur untuk kulit kusam berikut, beserta manfaat-manfaatnya.

  • Kopi bermanfaat untuk mengencangkan dan melancarkan aliran darah kulit.
  • Minyak kelapa untuk melembapkan kulit.
  • Minyak zaitun untuk melembapkan, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan melindungi kulit dari kerusakan.
  • Madu untuk menenangkan kulit, mencegah infeksi bakteri, dan membantu penyembuhan luka.
  • Lemon yang kaya vitamin C dan antioksidan untuk mencerahkan dan merangsang kolagen.
  • Susu untuk mencerahkan kulit.
  • Oatmeal untuk membersihkan dan melembapkan kulit.

Minyak esensial dapat ditambahkan untuk menciptakan aroma tersendiri pada lulur untuk kulit kusam, seperti lavender, mawar, dan tea tree oil. Minyak ini juga dapat membantu melembapkan kulit. Namun sebaiknya coba dulu pada sebagian kecil pada permukaan kulit. Pada sebagian orang, minyak esensial dapat menyebabkan reaksi alergi.

Membuat Sendiri Lulur untuk Kulit Kusam

Ada sebagian orang tidak cocok dengan produk lulur untuk kulit kusam tertentu yang dijual bebas. Kabar baiknya, kamu dapat membuat lulur sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang juga mudah tersedia. Berikut beberapa contoh resepnya.

1. Lulur Wortel

Kandungan vitamin A wortel tak cuma bagus untuk mata namun juga kulit. Selain itu, wortel juga sumber potasium sehingga bisa menjauhkan iritasi dari kulit. Caranya, campurkan 1 butir kuning telur, 1 sdt minyak kelapa/ zaitun, 1 sdm madu, ½ buah alpukat, dan 1 batang wortel. Kukus wortelnya dulu, lalu masukkan semua bahan ke dalam blender. Usapkan ke kulit sebagai lulur, bilas dengan air hangat setelah 15 menit.

2. Lulur Gula Coklat

Brown sugar atau gula coklat memang sering dipakai untuk mengikis sel kulit mati. Resep lulur ini adalah dengan mengombinasikan 1 sdt minyak kelapa/ zaitun dan 1 sdm gula coklat. Gunakan adonan sebagai krim pijat atau scrub. Setelah beberapa menit, bilas kulit menggunakan air hangat.

3. Lulur Pisang

Sambil makan pisang, tak ada salahnya mengoleskan lumatan pisang lainnya ke kulit dan leher sebagai lulur. Diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan kulit dengan air dingin.

4. Lulur Cuka Apel

Untuk meningkatkan tone kulit, kamu perlu mencoba lulur alami untuk kulit kering satu ini. Campur 1 sdm cuka apel dan beberapa cangkir air, lalu gunakan larutan itu itu membilas kulit. Kamu juga bisa mencampurkan keduanya sebagai lulur, biarkan hingga kulit kering, lalu bilas.

5. Lulur Shea Butter, Minyak Kelapa, dan Lidah Buaya

Shea butter mengandung vitamin F yang baik untuk menjaga elastisitas kulit. Sementara minyak kelapa bersifat menghidrasi kulit dan mengandung antijamur serta antibakteri. Cara membuatnya dengan mencampurkan 1 sdm shea butter, minyak kelapa, dan gel lidah buaya. Oleskan, lalu diamkan lulur selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air  hangat dan dingin.

Aplikasikan lulur dengan gerakan melingkar dan pijat kulit secara perlahan-lahan untuk menghilangkan sel kulit mati, kemudian basuh dengan air hangat hingga bersih. Setelahnya, kamu dapat mengoleskan losion agar kulit tetap lembap dan lembut.

Sumber Foto Utama: Freepik.com