Syukur dan Harapan Baik, Ini Bacaan Doa untuk Bayi Baru Lahir

Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Syukur Dan Harapan Baik, Ini Bacaan Doa Untuk Bayi Baru Lahir

Foto: istock

Ladiestory.id - Kelahiran seorang bayi atau buah hati tentu menjadi momen yang dinantikan bagi setiap pasangan suami istri. Baik calon ibu maupun bapak, harus menunggu selama sembilan lebih untuk dapat menyambut buah hati datang ke dunia. Tidak jarang, momen ini penuh dengan kegembiraan dan rasa haru bagi setiap keluarga yang mendapatkan anggota baru.

Tak hanya itu, momen kelahiran anak juga menjadi salah satu hal yang perlu disyukuri dalam hidup. Bagi masyarakat Islam, kelahiran seorang anak termasuk suatu anugerah yang diberikan Allah sekaligus amanah untuk menjaga dan membesarkan anak dengan baik.

Sehingga anak dapat tumbuh dengan kasih sayang dan kebijaksanaan dan menjadi anak yang memberikan manfaat kebaikan bagi kehidupan.

Bacaan Doa untuk Bayi Baru Lahir

Harapan ini dituangkan dalam doa yang dibaca ketika bayi baru saja lahir. Dalam ajaran Islam, terdapat beberapa tata cara doa untuk bayi baru lahir yang bisa dibacakan. Berikut bacaan doa untuk bayi baru lahir.

1. Doa untuk Orang Tua yang Baru Dikaruniai Anak

Bayi
Foto: Halodoc

Kelahiran merupakan saat yang dinantikan oleh orangtua setelah masa penantian rata-rata 9 bulan. Tentu harapan kedepannya adalah kebaikan dari sang buah hati, untuk itu berbagai doa-doa dipanjatkan agar menjadi penerus yang bermanfaat untuk banyak orang. Berikut ulasannya:

- Membaca adzan pada telinga bayi sebelah kanan.

- Mengumandangkan iqomah pada telinga bayi sebelah kiri.

- Membaca doa berikut ini pada telinga sebelah kanan: "Allâhummaj’alhu bârran taqiyyan rasyîdan wa-anbit-hu fil islâmi nabâtan hasanan."

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik.”

- Dilanjutkan membaca surah Al-Ikhlas dan Al-Qadr.

Membaca ayat Q.S. Ali Imran (3:36) yang berbunyi: "Falammaa wadha’athaa qaalat rabbi innii wadha’tuhaa untsa wallahu a’lamu bimaa wadha’at walaisadz-dzakaru kal antsa wa-innii sammaituhaa maryama wa-innii u’iidzuhaa bika wadzurrii-yatahaa minasy-syaithaanirrajiim(i);"

Artinya: Maka ketika melahirkannya, dia berkata, “Ya Tuhanku, aku telah melahirkan anak perempuan.”

Padahal Allah lebih tahu apa yang dia lahirkan, dan laki-laki tidak sama dengan perempuan. “Dan aku memberinya nama Maryam, dan aku mohon perlindungan-Mu untuknya dan anak cucunya dari (gangguan) setan yang terkutuk.”

- Kemudian dilanjutkan membaca doa ini: "Bârakallâhu laka fil mauhûbi laka wasyakarta al-wâhiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu."

Artinya: “Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikan-Nya.”

2. Doa agar Terhindar dari Gangguan Setan

bayi
Foto: Ladiestory.id

Kita dapat mencontoh doa yang dipraktikkan oleh istri Imran saat melahirkan Maryam. Hal tersebut Allah ceritakan dalam QS. Ali Imran: 36. Hanya saja, doa ini perlu disesuaikan dengan jenis kelamin yang dilahirkan karena perbedaan kata ganti dalam bahasa Arab antara laki-laki dan perempuan.

Jika bayi yang dilahirkan perempuan, maka kita membaca: "Allahumma inni uidzuha bika wadzuriyataha minasyaitoni rojim"

Artinya: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu untuknya dan untuk keturunannya dari setan yang terkutuk.”

Jika bayi yang dilahirkan laki-laki, maka kita membaca: "Allahumma inni uidzuhu bika waduriyataha minasyaitonirrojim"

Artinya: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu untuknya dan untuk keturunannya dari setan yang terkutuk.”

3. Doa agar Bayi Baru Lahir Tumbuh dengan Pemahaman Agama yang Benar

bayi
Foto: Kumparan 

Kita dapat doa dengan bacaan: "Allahumma faqqih hu fid diini wa 'allimhut ta'wiila"

Artinya: Ya Allah berikanlah kefahaman baginya dalam urusan agama dan ajarkanlah dia ta'wil (tafsir ayat-ayat al-Qur'an).

Inilah bacaan doa untuk bayi baru lahir. Semoga bermanfaat!