5 Dress Code Sesuai Acara Agar Tak Salah Kostum

Selasa, 12 Juli 2022 | 09:15:00

Ghina Nafisah

Penulis : Ghina Nafisah

5 Dress Code Sesuai Acara Agar Tak Salah Kostum

Ilustrasi ukuran baju. (Special)

Ladiestory.id - Apakah kamu pernah mengalami kejadian salah kostum? Jika iya, berarti kamu belum tahu mengenai aturan dress code, yang mana artinya kata kunci untuk sebuah setelan yang harus dipakai pada saat acara tertentu.

Biasanya, kata dress code banyak kamu temukan pada undangan, seperti undangan pesta, meeting, hingga pameran. Contoh dress code salah satunya ada smart casual. Nah, untuk kamu yang belum tahu tentang dress code, smart casual itu mengharuskan kamu untuk memakai baju yang seperti apa ya?

Agar tak bingung dan salah kostum, kamu harus tahu apa itu aturan dress code agar kamu tahu jenis pakaian apa yang cocok pada acara tersebut. Berikut Ladiestory.id rangkum untuk kamu.

Casual

Dress Code. (Special)

Yang pertama casual. Dress code ini adalah style basic yang biasa kamu kenal dengan pakaian sehari-hari. Pasti banyak dari kamu sudah mengenalnya, bukan? Contoh pakaian casual adalah perpaduan antara t-shirt (kaos) dengan celana jeans dan juga sepatu sneakers. Karna terlihat santai dan nyaman, dress code yang satu ini bisa digunakan untuk kamu ke acara reuni, gathering, dan kegiatan outdoor.

Business Casual

Dress Code. (Special)

Selanjutnya, ada business casual. Dress code ini membahas setelan pakaian yang sering kamu pakai untuk pergi ke kantor. Style minimalis namun tetap terkesan rapi dengan memadukan kemaja basic berkerah dan celana jenis trousers untuk perempuan serta celana chino untuk laki-laki. Tak lupa tambahan sepatu pantofel/heels dengan hak rendah. Dress code ini biasa digunakan pada saat kerja sehari-hari atau pertemuan santai antar rekan kerja.

Smart Casual

Dress Code. (Special)

Kemudian ada smart casual, yaitu perpaduan gaya casual dengan gaya business atau sedikit formal. Istilah ini lebih dikenal dengan perpaduan gaya santai dan formal. Kamu hanya perlu memakai setelan casual dengan balutan blazer atau outer formal lainnya untuk membuat dress code ini. Setelan ini akan membuat penampilan lebih santai namun tetap terlihat profesional (formal). Biasanya, dress code ini digunakan untuk acara makan bersama, bertemu client, dan bekerja pada perusahaan start up.

Business/Informal

Dress Code. (Special)

Business/informal adalah dress code yang resmi dan rapi. Kamu harus mengenakan setelan jas berbahan bebas ditambah pemakaian dasi untuk laki-laki. Dan untuk perempuan, kamu bisa mengenakan dress tertutup atau tetap terlihat sopan dengan tambahan sepatu heels. Dress code ini digunakan bagi kamu yang ingin menghadiri rapat dan pertemuan kantor.

Semi Formal

Dress Code. (Special)

Dress code yang terakhir ada semi formal. Dress code ini mengharuskan kamu untuk berpenampilan rapi juga elegant. Untuk laki-laki menggunakan tuxedo atau setelan jas lengkap, sedangkan perempuan menggunakan dress yang minimalis dengan gaya terbuka. Dress code ini biasanya dipakai dalam balutan warna hitam. Acara yang biasa mengenakan dress code ini contohnya dinner, acara undangan VIP, pernikahan, dan red carpet.

Itulah jenis-jenis dress code yang harus kamu ketahui agar kamu tidak salah kostum dalam sebuah acara.