Duh, 7 Kesalahan Skincare Ini Kerap Dilakukan

Senin, 7 Februari 2022 | 18:09:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Duh, 7 Kesalahan Skincare Ini Kerap Dilakukan

Ilustrasi wajah iritasi. (Special)

Ladiestory.id - Perawatan kulit menjadi salah satu rutinitas yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan kulit. Namun tanpa disadari, banyak yang melakukan kesalahan dalam merawat kulit.

Beberapa kesalahan ini sangat umum dan cenderung diyakini bahwa itu adalah cara yang tepat, seperti memencet jerawat atau berdiri di bawah pancuran air panas selama 5 menit atau lebih lama lagi.

Berikut adalah beberapa kesalahan perawatan kulit umum yang harus Kamu hindari dilansir dari laman BoldSky Online.

Tidak Pakai Sunscreen

Ilustrasi perempuan memakai sunscreen. (Special)

Sunscreen menjadi salah satu hal yang tak boleh Kamu lewatkan. Pemakaian sunscreen dapat membantu pencegahan penuaan pada kulit. Sunscreen akan menghindari kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menghilangkan elastisitas kulit.

Tidak Lakukan Double Cleansing

Tak sedikit orang yang merasa malas melakukan double cleansing karena ini akan memperpanjang daftar rangkaian. Padahal mengabaikan double cleansing justru memberikan risiko pada kulitmu lho. Penting untuk membersihkan wajah dengan cleanser lalu dilanjutkan dengan face wash.

Memencet Jerawat

Ilustrasi perempuan memiliki jerawat di wajah. (Special)

 

Jerawat menjadi salah satu gangguan paling menyebalkan pada kulit. Ketika masalah ini muncul, tak sedikit orang yang berusaha menghilangkannya dengan segera salah satunya memencet jerawat. Perlu diketahui bahwa memencet jerawat dapat berisiko membuat kulit wajah bolong-bolong lho.

Pembersihan Berlebihan

Ilustrasi perempuan cuci muka. (Special)

 

Membersihkan wajah memang diharuskan, namun segala sesuatu yang berlebihan itu tentu tidak baik, bukan? Terlalu sering membersihkan wajah akan membuat kulit wajahmu iritasi. 

Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati dengan pembersih wajah berjenis scrub memang diperlukan. Namun jika terlalu sering dilakukan, ini akan membuat kulit wajahmu menipis dan membuat bakteri mudah masuk.

Tidak Mengganti Handuk

Tahu kah Kamu bahwa handuk menjadi salah satu sumber bakteri? Meskipun handuk kerap digunakan setelah mandi, yang mana ini artinya tubuhmu bersih, namun kelembaban pada handuk dapat memicu timbulnya bakteri. Hasilnya, bakteri tersebut bisa berpindah ke kulitmu.

Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit Produk

Ilustrasi penggunaan skincare. (Special)

Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, sama halnya jika terlalu sedikit pun akan tidak optimal. Untuk itu, Kamu perlu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan wajah dan gunakan secukupnya. Merawat wajah merupakan bagian dari investasi jangka panjang, bukan instan.