Effaclar Spotscan, Inovasi Teknologi untuk Analisa Jerawat dari La Roche-Posay

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Effaclar Spotscan, Inovasi Teknologi Untuk Analisa Jerawat Dari La Roche-Posay

LA ROCHE-POSAY EFFACLAR SPOTSCAN. (Spesial)

Ladiestory.id - Selama lebih dari 45 tahun sebagai brand perawatan kulit La Roche-Posay memiliki misi untuk membantu meningkatkan kualitas hidup orang yang memiliki permasalahan kulit. La Roche Posay memiliki komitmen untuk membawa life-changing dermatology lebih dekat bagi mereka yang memiliki permasalahan kulit. 

Sebagai bagian dari komitmen ini, La Roche Posay memperkenalkan Effaclar Spotscan, teknologi berbasis advanced artificial intelligence yang dikembangkan bersama dermatolog dunia dengan tingkat akurasi profesional untuk memberikan analisa dan membantu konsumen di Indonesia dengan masalah jerawat lebih dekat dengan akses dan keahlian dermatolog. 

DermLive by La Roche Posay. (Spesial)

Effaclar Spotscan didasari dari misi La Roche Posay untuk memberikan akses dan keahlian dermatolog yang lebih mudah diakses oleh konsumen yang memiliki masalah kulit berjerawat. Pavel Tyutyaev selaku Digital Services & Innovation Projects Manager La Roche-Posay International menjelaskan, untuk membangun algoritma yang akurat, La Roche Posay bekerjasama dengan dermatolog dunia untuk menganalisa lebih dari 7 ribu sampel foto dari berbagai tipe kulit dan tingkat keparahan jerawat yang berbeda. 

Tingkat akurasi Effaclar Spotscan telah divalidasi melalui clinical study: 87 persen akurasi untuk jerawat meradang, 72 persen noda bekas jerawat, dan 61 persen komedo. Teknologi Effaclar Spotscan memberikan konsumen informasi yang mereka butuhkan, bagaimana mengatasi dan mencegahnya serta rekomendasi yang dipersonalisasi, menjadikannya sebagai alat yang tepat untuk analisa awal tingkat keparahan jerawat.

DermLive by La Roche Posay. (Spesial)

Effaclar Spotscan menggunakan evaluasi GEA (Global Evaluation of Acne) yaitu skala evaluasi global yang digunakan oleh dermatolog di dunia untuk mengukur tingkat keparahan jerawat, jumlah komedo, jerawat meradang, dan noda bekas jerawat. Effaclar Spotscan dapat diakses secara gratis melalui website La Roche Posay Indonesia, atau menggunakan perangkat smartphone iOS ataupun Android. Proses analisa ini hanya memakan waktu beberapa menit, dengan cara berikut.

1. Ambil 3 selfie (foto wajah) yaitu tampak depan, samping kanan dan samping kiri. Effaclar Spotscan akan menganalisa dan menentukan tingkat kondisi kulit berjerawat (GEA) 0 hingga 5. Effaclar Spotscan akan memberi tahu untuk berkonsultasi dengan Dermatolog jika nilai GEA mereka sama dengan atau lebih dari 2 (GEA ≥2). Effaclar Spotscan juga memberikan pilihan bagi konsumen untuk berkonsultasi dan mendapatkan diagnosa dari Dermatolog melalui layanan teledermatologi dari Halodoc. 

2. Berdasarkan analisa tingkat GEA, Effaclar Spotscan akan merekomendasikan rangkaian perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan kulit, sembari menunggu konsultasi dengan dermatolog jika diperlukan.

3. Effaclar Spotscan memberikan rekomendasi tips mengenai cara merawat kulit berjerawat.

DermLive by La Roche Posay. (Spesial)

 

La Roche Posay bermitra dengan rekan-rekan dermatolog untuk mensosialisasikan teknologi ini agar dapat membantu pasien dan juga dermatolog di Indonesia. Menurut dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, FAADV, inovasi teknologi ini dapat membantu dermatologist setidaknya dalam dua hal penting.

Pertama, dapat memberikan edukasi kepada pasien yang sebelumnya tidak memahami perlunya penanganan jerawat oleh dermatologist untuk mengatasi kondisi permasalahan kulitnya. Kedua, membantu mengingatkan pasien dan menjelaskan pentingnya segera berkonsultasi dengan dermatologist untuk menghindari kondisi jerawat semakin parah yang pada akhirnya dapat menyebabkan acne scar (jaringan parut bekas jerawat).