Elon Musk Batasi Jumlah Tweet yang Bisa Dibaca Perhari, Begini Reaksi Netizen

Senin, 3 Juli 2023 | 11:25:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Elon Musk Batasi Jumlah Tweet Yang Bisa Dibaca Perhari, Begini Reaksi Netizen

Elon Musk (Special)

Ladiestory.id - Sebagai Executive Chairman, CTO (Chief Technology Officer), Elon Musk kembali menciptakan aturan nyeleneh pada platform media sosial Twitter.

Baru-baru ini, melalui cuitannya pada laman media sosial Twitter, Elon Musk mengumumkan kebijakan baru Twitter yang membatasi jumlah tweet yang dappat dibaca pengguna perharinya.

Dari penjelasan yang diunggah oleh Elon Musk, nantinya Tweet yang dapat dibaca oleh pengguna Twitter perharinya akan terbatas sesuai dengan jenis akun yang dimiliki oleh para pengguna.

Pengguna Twitter Blue atau berbayar bisa membaca twit hingga 6.000 cuitan per harinya, sedangkan pengguna Twitter Reguler atau gratis hanya bisa membaca maksimal 600 tweet per hari.

Terakhir, pengguna yang baru mendaftar atau membuat akun di Twitter dan bukan berbayar, hanya bisa membaca lebih sedikit tweet per harinya yakni maksimal 300 postingan saja.

Namun Tak lama setelah cuitan tersebut, Elon merivisi dengan menambah jumlah maksimal tweet maksimal yang bisa dibaca per harinya menjadi  10.000 tweet untuk Twitter Blue, 1.000 tweet untuk Twitter Reguler, dan 500 tweet untuk akun baru Reguler.

Unggahan Elon Musk. (Twitter/elonmusk)

Pembatasan dilakukan karena banyaknya scrapping atau ekstraksi data yang dilakukan perusahaan dan organisasi lain dari Twitter serta mencegah manipulasi di sistem sehingga perlu kebijakan Twitter dibatasi.

“Untuk membatasi ekstrimnya tingkat data ekstraksi dan manipulasi sistem, kami terapkan pembatasan twit untuk sementara” kata Elon dalam unggahan Twitter-nya, yang dilansir pada Senin (3/7/2023).

Elon Musk menegaskan Twitter dibatasi menjadi langkah penting untuk solusi mendesak yang sedang terjadi tentang scraping data. Namun, Elon tidak menyebut secara rinci siapa sosok yang ia maksud melakukan scraping data.

Mengetahui kebijakan terbaru yang diciptakan oleh Elon Musk tersebut, netizen yang aktif pada laman media sosial Twitter pun langsung heboh dan memberikan beragam reaksi kocak.

“Elon musk menerapkan prinsip elu punya duit, lu punya kuasa,” tulis netizen.

“Mas Elon: lah gue punya Twitter gue yang berkuasa, ngapain lo,” sahut netizen.

“Mas elon kek anak baru dikelas yang sok asik,” timpal netizen.

“Twitter adalah Tempat yang seru sampai orang ini datang,” tambah netizen.

“Ini twitter kek mobel lejen aja, pake apdetan gini,” tandas netizen.