Es Krim Haagen Dazs Varian Vanila Ditarik BPOM, Dita Soedarjo Angkat Bicara

Kamis, 21 Juli 2022 | 11:45:00

Tyas Sukma

Penulis : Tyas Sukma

Es Krim Haagen Dazs Varian Vanila Ditarik Bpom, Dita Soedarjo Angkat Bicara

Dita Soedarjo. (Instagram.com/ditasoedarjo)

Ladiestory.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) meminta importir menarik produk es krim merek Haagen Dazs rasa vanila. Pasalnya, terdapat kandungan Etilen Oksida pada varian itu. Menurut BPOM, Etilen Oksida adalah pestisida bahan kimia tersebut biasanya digunakan untuk mengendalikan hama.

"Untuk melindungi masyarakat, Badan POM menginstruksikan importir untuk melakukan penarikan dari peredaran terhadap kedua produk Es Krim Rasa Vanila merek Haagen Dazs tersebut dan memperluas penarikan ke jenis kemasan lainnya, yaitu bulkcan (9,46 L)," keterangan tertulis BPOM, Rabu (20/7/2022).

Pihak BPOM akan terus mengawal dam memastikan penarikan atau penghentian sementara es krim Haagen Dazs, yang dilakukan sesuai dengan prosedur.

"Badan POM mengawal dan memastikan penarikan dan/atau penghentian sementara peredaran/penjualan produk sebagaimana dalam lampiran dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku," tulis BPOM.

"Lapor ke Badan POM melalui Contact Center HALOBPOM atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai/Loka POM di seluruh Indonesia," lanjutnya.

Pihak Haagen Dazs memberikan pernyataan terkait kabar penarikan produk es krim varian vanila tersebut. Dita Soedarjo, selaku pemilik es krim asal Amerika Serikat ini mengunggah langkah yang akan dilakukan oleh Haagen Dazs.

“Haagen Dazs Indonesia menginformasikan kepada seluruh pelanggan sehubungan dengan adanya temuan jejak Etilen Oksida dalam jumlah yang sangat kecil pada produk es krim rasa Vanilla yang diproduksi pada rentang waktu sebagai berikut,” tulis pihak Haagen Dazs yang diunggah pada akun Instagram Dita Soedarjo, Rabu (20/7/2022).

“Tanggal Produksi (MFD): 01/06/2021 hingga 03/15/2022, Tanggal Baik Dikonsumsi (BBD): 01/08/2022 hingga 27/07/2023,” lanjutnya.

Jika kamu sudah membeli produk es krim Haagen Dazs rasa vanila, tak usah khawatir, karena varian tersebut dapat ditukarkan dengan rasa lain di outlet terdekat jika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dita Soedarjo Haagen Dazs. (Instagram.com/ditasoedarjo)

“Bersama ini kami informasikan mengenai Voluntary Recall atau penarikan produk es krim Haagen Dazs khusus hanya untuk varian rasa Vanilla kemasan 100 ml (Minicup), 473 ml (Pint), dan 9,47 liter (Bulk Can),” tulis pihak Haagen Dazs.

“Apabila Anda memiliki es krim Haagen Dazs rasa Vanilla sesuai dengan tanggal produksi/tanggal baik dikonsumsi yang tertera diatas, Anda dapat menukarkan produk tersebut dengan dengan varian rasa lainnya di outlet Haagen Dazs terdekat dengan cara membawa produk tersebut beserta kemasannya dalam kondisi yang baik untuk dapat dilakukan verifikasi tanggal produksi/tanggal baik dikonsumsi yang tercetak di bagian bawah kemasan sebelum dilakukan proses penukaran,” lanjutnya.

Penukaran dapat dilakukan selambat-lambatnya hingga 31 Agustus 2022. Pada unggahan Dita Soedarjo di Instagram, mantan tunangan Denny Sumargo ini mengajak para pelanggan Haagen Dazs untuk dapat segera menukarkan es krim varian vanila.

“Hi, yuk tukar ice cream mu! @haagendazs.id your safety is our # 1 concern! We regret any inconvenience caused! Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidak nyamanan yang terjadi dan kami senantiasa berupaya untuk selalu memberikan yang terbaik kepada seluruh pelanggan setia Haagen Dazs!," tulis Dita Soedarjo.