Fakta atau Mitos Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Soto

Senin, 6 September 2021 | 07:10:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Fakta atau Mitos Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Soto

Foto: Ladiestory.id

Masa kehamilan menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan karena rentan mengalami hal yang tidak biasa. Maka dari itu, bukan hanya perlu rajin berolahraga, tapi asupan makanan jadi sesuatu yang penting. Faktanya makanan menjadi faktor yang penting untuk pemberian gizi pada bayi dan sang ibu.

Ngidam merupakan tindakan alami yang mungkin terjadi ketika hamil. Biasanya ibu ingin sesuatu hal bahkan makan makanan tertentu. Mitosnya ketika hal itu terjadi sebaiknya dituruti karena akan mempengaruhi kebutuhan emosional si ibu. 

Mitos Tentang Ibu Hamil Makan Soto

Foto: Ladiestory.id

Biasanya pada usia kehamilan trimester pertama, perasaan mual sudah mulai dirasakan  ibu hamil sehingga ada kemungkinan malas makan nasi dan ingin makan masakan yang segar seperti buah, sayur soto, dan sop. Tapi bolehkah ibu hamil makan soto? 

Sebenarnya, masakan yang diminati oleh ibu hamil boleh untuk dimakan selama terbuat dari bahan-bahan yang higienis dan diproses dengan cara yang baik.

Tapi ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan nutrisi penting bagi kehamilan seperti susu, sayuran, buah segar sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Makanan yang tidak dianjurkan untuk Ibu Hamil

Foto: Ladiestory.id

Ketika masuk trimester pertama pada 3 bulan pertama), ibu hamil mengalami morning sickness Tapi pertanyaannya, bolehkah ibu hamil makan soto? Tidak masalah asalkan terbuat dari bahan-bahan yang sehat dan higienis serta diproses dengan cara yang tepat.

Namun, sebaiknya hindari penggunaan bumbu masak dengan aroma menyengat supaya tidak menambah rasa mual. Sedangkan, lebih baik ibu hamil mengkonsumsi vitamin B6 untuk  mengurangi rasa mual. 

Daging kemasan

Kandungan dari daging olahan cukup berbahaya yaitu listeria sebagai penyebab penyakit listeriosis. Gejala dari penyakit ini adalah sakit kepala, demam, leher kaku dan diare. Sedangkan dampaknya adalah menimbulkan persalinan prematur, keguguran dan abses kehamilan yang sanggup mengancam jiwa ibu dan janin.

Keju dan susu yang kurang steril

Sebelum dikonsumsi lebih baik keju dan susu mengalami proses pemanasan dengan suhu 60-70 derajat Celcius selama selama setengah jam supaya steril sehingga terbebas dari basil patogen dalam susu dan keju. Bahaya dari susu dan keju yang tidak steril akan berpotensi mengandung basil sehingga menimbulkan kasus serius pada kehamilan.

Konsumsi Makanan bahari

Makanan bahari adalah  jenis masakan yang banyak mengandung nutrisi protein dan omega 3. Tapi yang perlu diwaspadai ada beberapa jenis ikan bahari yang  mengandung merkuri seperti ikan hiu, ikan tuna, ikan pedang, ikan tilefish dan ikan marlin.

Telur setengah matang

Meskipun terkesan menggoda dan menjadi makanan favorit beberapa orang, ternyata telur setengah matang berpotensi mengandung basil berbahaya. Tapi selama hamil, kita harus memakan telur yang matang, hindari dahulu makanan menarik ini.

Berita Terkait