6 Fakta G-Dragon, King of KPOP yang Nyentrik dan Fashionable

Selasa, 14 September 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

6 Fakta G-Dragon, King of KPOP yang Nyentrik dan Fashionable

Foto: Soompi

Penggemar K-Pop pastinya nggak asing lagi dengan sosok G-Dragon. Leader boygroup BIGBANG ini mendapat gelar King of K-Pop karena pengaruhnya yang besar di dunia musik dan fashion.

Fakta G-Dragon

Penampilan G-Dragon di atas panggung bersama dengan anggota BIGBANG maupun solo selalu mengundang decak kagum. Berikut ini ada sederet fakta G-Dragon yang perlu kamu tahu!

1. Asal usul nama panggung G-Dragon

Foto: Soompi

Setelah menjalani masa pelatihan di YG Entertainment selama kurang lebih 5 tahun, rapper bernama lengkap Kwon Jiyong ini tampil dengan nama panggung G-Dragon atau disingkat dengan GD.

Nama panggung G-Dragon diambil dari nama aslinya, Jiyong. G yang diambil dari nama Ji, Sedangkan, Yong memiliki arti naga atau dragon dalam bahasa Korea. G-Dragon sendiri lahir di tahun 1988 atau tahun naga.

2. Terjun ke industri hiburan sejak belia

Sejak Kecil, G-Dragon telah berkecimpung di industri hiburan melalui sebuah acara anak-anak berjudul Bbo Bbo Bbo. Kemudian, di usia 6 tahun, ia memulai kariernya di industri musik sebagai anggota grup musik Little Roo’ra. Namun, setelah grup Little Roo’ra merilis album natal, perjalanan karir Little Roo’ra harus terhenti.

3. Pernah menjadi trainee sekitar 11 tahun lamanya

Foto: Soompi

Setelah tidak lagi menjadi anggota Little Roo’ra, penyanyi sekaligus entrepreneur ini mengikuti sebuah kompetisi dance di usia 8 tahun. Penampilannya dalam kompetisi dance itu menarik perhatian CEO SM Entertainment, Lee Soo Man dan G-Dragon pun dikontrak sebagai trainee selama 5 tahun.

Selama 5 tahun itulah, G-Dragon berjuang menjalani pelatihan dance sampai akhirnya menemukan ketertarikan terhadap musik rap di tahun ketiganya sebagai trainee.

Seiring tumbuhnya minat G-Dragon dengan hip-hop, ia pun menulis lirik rapnya sendiri dan sempat merilis album bertajuk Hip-Hop Korea Flex di tahun 2001 di bawah naungan People Crew. Kemudian, ia dilirik oleh Sean member Jinusean dari YG Entertainment yang merekomendasikan G-Dragon ke CEO Yang Hyun Suk.

Lalu, G-Dragon menandatangani kontrak trainee dengan YG Entertainment selama 5 tahun. Sempat menjalani pelatihan di SM Entertainment dan YG Entertainment, ternyata G-Dragon menjalani masa latihan selama 11 tahun! Sebuah perjuangan yang panjang untuk menjadi seorang superstar global.

4. Selain menjadi idol, G-Dragon merupakan pencipta lagu yang sukses

Sejak debutnya di BIGBANG, G-Dragon telah menulis 171 lagu yang semuanya tercatat di Asosiasi Hak Cipta Musik Korea atau KOMCA. Hal ini menjadikan G-Dragon sebagai idol K-Pop dengan hak cipta lagu terbanyak.

5. Seorang Entrepreneur

Foto: Soompi

Tak hanya berkecimpung di industri musik saja, pelantun single ‘One of A Kind’ ini juga berprofesi sebagai entrepreneur. G-Dragon memulai bisnisnya di tahun 2012 dengan mendirikan sebuah hotel bernama Dolce Vita yang kemudian dikelola oleh orang tuanya di kota Gyeonggi, Korea Selatan.

Kemudian, ia juga punya sebuah kafe di Pulau Jeju yang bernama Monsant Cafe. Yang paling fenomenal tentu saja clothing linenya, PEACEMINUSONE. Bahkan brand clothing linenya ini akan meluncurkan seri sneakers terbaru hasil kolaborasi dengan brand sepatu terkemuka, NIKE. 

6. Seorang ikon fashion dunia dan brand ambassador brand ternama dunia

Ke mana pun ia pergi, gaya G-Dragon selalu sukses mencuri perhatian para penggemar. GD selalu berusaha tampil maksimal dan unik di setiap kesempatan.

Gaya fashionnya yang unik ini menjadikannya orang yang paling berpengaruh di industri fashion dengan menjadi brand ambassador sejumlah brand fashion ternama, seperti Yves Saint Laurent hingga Chanel. 

Itu dia deretan fakta menarik tentang G-Dragon. Apakah GD salah satu idola favoritmu?

Berita Terkait