Fakta Iu, Idol Kpop Yang Multitalenta, Dijuluki Digital Monster Oleh Para Fans

Rabu, 11 Agustus 2021 | 06:19:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Fakta Iu, Idol Kpop Yang Multitalenta, Dijuluki Digital Monster Oleh Para Fans

Foto: Ladiestory,id

Lee Ji-Eun atau yang akrab dikenal IU adalah artis sekaligus solois terkenal Korea Selatan. Meski kini sudah sukses dalam karir, namun ada beberapa fakta unik IU yang perlu kamu ketahui. Beberapa fakta ini sekaligus menjadi saksi perjalanan seorang Lee Ji-Eun dalam meraih impian menjadi seorang penyanyi. Jika kamu penasaran, berikut fakta IU, idol KPOP yang multitalenta. 

Fakta Menarik IU, Dari Hidup Susah Hingga Berhasil Raih Kesuksesan 

Bertubuh mungil, berparas cantik dan memiliki suara emas adalah fakta tentang IU yang banyak orang ketahui. Namun dibalik itu, penyanyi yang pernah berduet dengan SUGA BTS juga menyimpan kisah lain yang mungkin belum banyak orang ketahui. Khususnya tentang masa lalunya yang bisa dikatakan tidak terlalu beruntung. Untuk lebih jelasnya berikut fakta tentang Lee Ji-Eun atau IU. 

1. Lahir Dengan Nama Asli Lee Ji-Eun 

Foto: Instagram/dlwlrma
Foto: Instagram/dlwlrma

IU lahir di Korea Selatan pada 16 Mei 1993 dengan nama asli Lee Ji-Eun. Saat memulai karirnya, ia tidak menggunakan nama panggung melainkan menggunakan nama aslinya. Namun seiring berjalannya waktu ia mulai menggunakan nama IU sebagai nama panggungnya. Sebelumnya, fans sempat penasaran dan mencari tahu apa arti nama IU? Kemudian oleh sangat idola dijelaskan bahwa IU merupakan kepanjangan dari “I” dan “YOU” yang artinya adalah aku dan kamu. Nama ini dipilih dengan tujuan agar ia dan UAENA nama fans IU dapat menyatu lewat musik. 

2. Berasal Dari Keluarga Kurang Mampu

Foto: Instagram/iu_leejieun516
Foto: Instagram/iu_leejieun516

IU bukanlah berasal dari kalangan chaebol, ia berasal dari keluarga kurang mampu yang mengalami kesulitan ekonomi. Orang tua IU bahkan pernah terlilit hutang hingga membuat mereka harus hidup terpisah. Sejak kecil IU dan adik laki-lakinya tinggal bersama sang nenek. Bersama nenek dan sang adik, IU pernah tinggal di kamar sempit yang dihuni banyak kecoa. Mereka lalu pindah ke rumah kerabatnya namun justru mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan di sana. IU, nenek dan adiknya bahkan kerap mendapatkan bully secara verbal. 

3. Sempat Ditolak Oleh Puluhan Agensi 

Foto: Instagram/dlwlmra
Foto: Instagram/dlwlrma

Sejak kecil IU bermimpi untuk menjadi seorang penyanyi terkenal. Untuk meraih impiannya ia mengikuti beragam audisi namun selalu ditolak. Bahkan IU juga pernah mendapat penolakan dari agensi besar seperti JYP Entertainment.  Namun meski sempat menemui struggle kini IU telah sukses menjadi penyanyi terkenal asal Korea Selatan. Bahkan secara resmi Billboard telah mengakui bahwa IU merupakan pemimpin sepanjang masa Korea K-Pop Hot 100 dengan lagu-lagu nomor satu paling banyak. Semua lagu yang dikeluarkan oleh IU juga selalu booming dan hits hingga keluar Korea Selatan. Tak heran bahwa penyanyi bertubuh mungil ini dijuluki Digital Monster lantaran lagu yang dirilis selalu merajai tangga lagu pada platform streaming music dan Nation Sister. IU Bahkan berhasil mendapatkan banyak penghargaan music lewat lagu-lagu yang ia rilis. 

4. Sempat Mengalami Penipuan Saat Audisi 

Foto: Instagram/dlwlmra
Foto: Instagram/dlwlrma

Tidak hanya ditolak oleh puluhan agensi, IU dulu juga pernah mengalami tindakan penipuan dan perampokan. Pengalaman pahit ini ia alami ketika mengikuti audisi di sebuah agensi. Saat itu, IU diminta untuk membayar sejumlah uang agar dapat tampil di stasiun televisi. Namun pada kenyataannya itu hanya penipuan belaka dan IU harus merelakan uang tabungan neneknya raib oleh orang tak bertanggung jawab. Mengingat perjuangan dalam meraih karir tidak mudah, IU berkomitmen untuk selalu fokus dan melakukan yang terbaik. Ia bahkan rela tidak melanjutkan ke perguruan tinggi demi fokus pada karir bernyanyinya. 

5. Penyanyi Multitalenta yang Sukses Dalam Seni Peran 

Foto: Instagram/dlwmra
Foto: Instagram/dlwlrma

Lee Ji-Eun atau IU debut pada tahun 2008, namanya mulai terkenal lewat lagu-lagu seperti “Boo” dan “Marshmallow”. Tidak hanya dikenal sebagai solois, penyanyi kelahiran 16 Mei 1993 ini juga pandai berakting. Tercatat ada banyak judul drama yang dibintangi IU seperti Dream High 1 dan Dream High 2 pada tahun 2012. Ditahun yang sama ia juga membintangi drama berjudul Salamander Guru and The Shadows dan beradu akting dengan aktor Choi Min-Ho. 

Di tahun 2013 IU terlibat dalam drama, The Producers di tahun 2015 dan Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo 2106. Sempat vakum dari drama selama dua tahun IU comeback dengan drama baru berjudul My Mister. Sedangkan di tahun 2019 yang lalu IU comeback dengan drama berjudul Hotel del Luna. Tak hanya drama, IU juga membintangi berbagai judul film seperti REAL di tahun 2017, Persona di tahun 2019, Dream, Broker dan Shades of The Heart di tahun 2021 ini. 

6. Berhati Mulia dan Sangat Sayang Terhadap Keluarga

Foto: Instagram/dlwmra
Foto: Instagram/dlwmra

IU dikenal sebagai penyanyi yang sangat menyayangi keluarganya. Di awal karirnya ia mengumpulkan banyak uang untuk mengembalikan perekonomian keluarganya yang sempat terpuruk. Ia juga telah berhasil mewujudkan impian sang ayah untuk memiliki mobil impian. Meski tidak terlalu mengekspos kehidupan keluarnyanya, namun IU membuktikan bahwa ia sangat menyayangi semua anggota keluarganya. 

IU juga memiliki kepribadian baik dan jiwa sosial yang sangat tinggi. Ini dibuktikan pada tahun 215 dimana ia terlihat menyumbangkan uang sebesar $ 100.000 USD atau Rp 1,3 miliar untuk anak-anak yang membutuhkan. Ia juga aktif dalam mendukung program beasiswa di SMA tempat ia bersekolah dengan mengirimkan empat siswa berprestasi ke perguruan tinggi. Tak hanya itu, IU juga menyumbangkan banyak buku ke perpustakaan sekolah menengah dan mengirimkan dana pendukung untuk tujuan pendidikan.

Di tahun 2019 IU bahkan memberikan hadiah untuk fans dengan nominal hingga Rp 210 juta. Pada tahun lalu, ia terlihat memberikan donasi untuk anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah, atau yang dibesarkan oleh kakek-nenek mereka melalui Green Umbrella Children's Foundation.

Sedangkan pada masa pandemi COVID-19 ini IU memberikan sumbangan kepada keluarga berpenghasilan rendah yang terdampak pandemi. Ia juga terlihat  menyumbangkan donasi untuk fasilitas kesejahteraan di Yangpyeong. Dengan semua perilaku dan kepribadian IU ini tak heran bahwa ia dijuluki artis berhati malaikat. 

Itulah tadi fakta IU, Idol Kpop multitalenta yang perlu kalian semua ketahui. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk kita semua lewat karya dan kebaikan yang ia berikan. 

Berita Terkait