Tak Dibayar Sejak Debut, 5 Fakta Kasus Lee Seung Gi dan Agensi

Jumat, 25 November 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Tak Dibayar Sejak Debut, 5 Fakta Kasus Lee Seung Gi Dan Agensi

Lee Seung Gi. (Instagram.com/leeseunggi.official)

Ladiestory.id - Dunia hiburan Korea Selatan kini tengah dikejutkan dengan kasus antara Lee Seung Gi dengan agensinya, Hook Entertainment. Hal ini bermula dari laporan Dispatch yang mengulas mengenai seorang artis yang memiliki ratusan karya, namun berpendapatan Rp0.

Pada laporannya, Dispatch mencantumkan nama Lee Seung Gi dengan agensinya Hook Entertainment. Kasus ini pun semakin membesar ketika terjadi penggeledahan pada agensi tersebut oleh pihak kepolisian Korea pada 10 November 2022. 

Hook Entertainment yang merupakan rumah bagi Lee Seung Gi, Lee Seo Jin, hingga Park Min Young ini mendapat sorotan dari masyarakat. Perusahaan milik Kan Jong Hyun ini telah mendapat perhatian Dispatch dengan memberikan bukti di luar tuduhan awal.

Bahkan, Lee Seung Gi diduga tidak menerima bayaran sepeserpun sejak debut di agensi ini. Lalu, seperti apa lima fakta terbaru kasus ini? Yuk, simak!

Lee Seung Gi Ambil Langkah Tegas

Lee Seung Gi. (Spesial)

Selama kasus ini bergulir, Lee Seung Gi pun mulai mengambil langkah tegas. Ia meminta laporan keuangan secara lengkap kepada agensinya, Hook Entertainment pada 18 November 2022 lalu. Dirinya merasa, terdapat ketidaksesuaian laporan keuangan antara dirinya dengan agensi. Hal ini pun dilakukan supaya terdapat transparansi dalam semua proyek maupun karya yang dihasilkan.

Bahkan, melalui perwakilannya, Lee Seung Gi akan mengambil langkah tegas dengan pembatalan kontrak antara dirinya dan Hook Entertainment. Hal ini pun cukup mengejutkan, sebab Hook Entertainment merupakan agensinya yang telah bersama sejak debut 18 tahun yang lalu.

Dispatch Rilis Dokumen Terkait Kasus

Kasus Lee Seung Gi dan Hook Entertainment. (Special)

Selain itu, Dispatch selaku media yang membongkar kasus ini pun, menyatakan bahwa pihaknya mulai menyadari dan memanfaatkan Lee Seung Gi sebagai pencetak uang bagi agensi. Tak hanya itu, media ini bahkan merilis dokumen yang berisi informasi pendapatan dari awal karier Lee Seung Gi yang telah dimusnahkan hingga membuatnya sulit dilacak.

Padahal, Lee Seung Gi memulai debut bernyanyi pada 2004 melalui album pertamanya "The Dream of A Moth". Bahkan, salah satu lagunya bertajik "Because You're My Girl" melejit di pasaran. Sehingga, Dispatch memperkirakan Lee Seung Gi mendapat banyak pemasukan yang juga berasal dari akting dan beberapa acara variety show.

Lee Seung Gi sendiri telah merilis 137 lagu dan meraih berbagai penghargaan bergengsi hingga berhasil menjual sebanyak 100 ribu eksemplar dari tiga album yang telah dirilisnya. Namun, sayangnya pendapatan Lee Seung Gi dari bidang musik justru dinyatakan nihil.

Kontrak Lee Seung Gi yang Mencurigakan

Kasus Lee Seung Gi dan Hook Entertainment. (Special)

Dalam rangka melengkapi fakta, Dispatch juga mengungkapkan rincian kontrak antara Lee Seung Gi dengan agensinya. Pada 2004, pembagian keuntungan antara Lee Seung Gi dengan agensi sebesar 40:60. Di mana Lee Seung Gi akan menerima 40 persen dari keuntungan dan sisanya diterima agensi.

Namun, pada 2009 terjadi perubahan dengan Lee Seung Gi menerima 60 persen dan terus meningkat setiap tahunya. Namun, dalam kinerjanya, agensi juga menekankan biaya produksi dan lainnya untuk musik hingga biaya yang seharusnya ditanggung agensi justru dijatuhkan kepada Lee Seung Gi. Sehingga, ia tak menerima sepeserpun dari hasil kerja kerasnya. 

Adanya Dugaan Eksploitasi

Kasus Lee Seung Gi dan Hook Entertainment. (Special)

Memanasnya kasus ini, membuat banyak masyarakat penasaran apakah Lee Seung Gi pernah meminta penjelasan pada Hook Entertainment. Melalui bukti Dispatch pun terungkap bahwa Lee Seung Gi sempat menagih penjelasan. Namun, justru jawaban yang didapat membuat gaslighting kepada Lee Seung Gi.

Pihak agensi pun justru memberikan respons bahwa Lee Seung Gi merupakan penyanyi yang tak menghasilkan apapun. Padahal, agensi telah melakukan berbagai cara untuk melambungkan namanya. Selain itu, Lee Seung Gi pernah mengaku dalam sebuah acara variety show.

Ia mengungkapkan bahwa selama ini dirinya tidak tahu menahu mengenai penghasilan yang didapatkannya. Warganet pun kala itu banyak yang merasa bahwa aktor kenamaan ini menghasilkan banyak uang, namun, enggan menyebarluaskannya.

Hook Entertainment Beri Tanggapan

Kasus Lee Seung Gi dan Hook Entertainment. (Special)

Sejak terbongkarnya kasus ini ke publik, CEO Hook Entertainment, Kwon Jing Young mengungkapkan bahwa pihaknya belum mengonfirmasi mengenai fakta dan tuduhan yang diberitakan oleh media saat ini. Selain itu, kasus ini pun masih dalam tahap penyelidikan dan penyelesaian. 

Melalui siaran pers dirinya mengatakan bahwa baru-baru ini, ada hal yang tidak menyenangkan mengenai perusahaannya dan menyayangkannya muncul di media. Terlepas dari isu itu benar atau tidak, ia merasa malu. Ia malu dan meminta maaf karena semua kesalahan dan hasil dari ketidakbijaksanaannya.

Agensi pun berjanji akan bertanggung jawab secara penuh supaya tidak mengganggu aktivitas artis lainnya, serta berhati-hati supaya tidak timbul kekhawatiran yang lebih jauh.