5 Fakta Menarik Ayana Moon yang Hebohkan Publik, Diduga Lepas Hijab

Kamis, 21 Juli 2022 | 16:34:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Fakta Menarik Ayana Moon Yang Hebohkan Publik, Diduga Lepas Hijab

Potret Ayana Moon (Instagram.com/xolovelyayana)

Ladiestory.id - Nama Ayana Moon kini tengah menjadi sorotan publik sejak unggahan terakhirnya di Instagram. Dalam postingan tersebut, Ayana berpose bersama sang adik yang akan menjalani pelatihan wajib militer. Namun, yang menjadi perhatian netizen adalah Ayana diduga telah melepaskan hijabnya. Sontak kolom komentarnya dibanjiri oleh netizen yang mengungkap kekecewaan hingga meminta Ayana tetap istiqomah dalam Islam. Lalu, siapa sih sosok Ayana Moon sebenarnya? Berikut fakta-fakta menarik seputar Ayana Moon selebgram Korea Selatan yang populer di Indonesia.

Menjadi Mualaf Sejak 2012

Potret Ayana Moon (Instagram.com/xolovelyayana)

Ayana Moon telah menjadi seorang mualaf sejak tahun 2012 silam. Kabarnya, ia memutuskan memeluk agama Islam dan menggunakan hijab setelah penasaran dengan budaya Timur Tengah. Hal tersebut ia sampaikan melalui channel YouTube pribadinya. Perempuan kelahiran 28 Desember 1995 ini juga menceritakan perjalanannya mulai dari mengenal hingga akhirnya memeluk agama Islam.

Rasa Penasarannya berawal ketika menginjak usia 8-9 tahun dan mulai mencari segala hal yang berkaitan dengan Islam. Mulanya, kata Islam terdengar sangat imut baginya dan ia mengira kata tersebut bukanlah sebutan bagi suatu agama. Hingga akhirnya saat duduk di bangku SMA, ia memutuskan untuk bergabung dengann WAMY (majelis pemuda muslim di Korea Selatan). Lalu setelah mempelajari Islam secara mendalam dan mantap, Ia pun memutuskan masuk Islam dan menjadi Muslimah Korea Selatan.

Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Malaysia

Potret Ayana Moon (Instagram.com/xolovelyayana)

Setelah menyelesaikan pendidikan SMA, Ayana memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tingginya ke salah satu universitas Islam di Malaysia dan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi. Ia mengaku sangat menikmati masa-masa kehidupannya di Malaysia. Ayana juga sering terlihat mengunggah berbagai kegiatannya di akun Instagram pribadinya @xolovelyayana. Seru banget, ya!

Bukan Mantan Idol K-Pop

Potret Ayana Moon (Instagram.com/xolovelyayana)

Sejak awal kemunculannya, nama Ayana Moon menjadi perhatian masyarakat. Ia bahkan sering dikabarkan sebagai salah satu mantan anggota girlband K-Pop, 5Dolls.  Ia dikabarkan keluar dari grup dan memutuskan untuk menjadi mualaf dan kini dikenal sebagai selebgram muslim Korea Selatan. Rumor terkait dirinya sebagai mantan Idol tersebut juga bukan tanpa alasan, visual Ayana yang cantik menjadikan rumor ini sangat santer menghampiri dirinya.

Salah satu entertainer Indonesia di Korea, Yannie Kim juga turut mengonfirmasi bahwa rumor tersebut tidak benar. Ia mengatakan, "Ayana bukan mantan 5Dolls atau idola apapun. Ia juga telah mengkonfirmasinya melalui tayangan Hitam Putih dan juga kepadaku secara langsung. Hingga kini pun aku masih merasa heran karena banyak orang yang masih tidak percaya."

Sempat Ditolak Keluarga Menjadi Mualaf

Potret Ayana Moon (Instagram.com/xolovelyayana)

Ayana Moon merupakan pribadi yang tumbuh di keluarga Korea Selatan yang mapan serta berkecukupan. Namun, ia sendiri memilih untuk menetap di Malaysia serta bekerja di Indonesia. Sebelum sang adik, Aydin Seong Wook Moon memutuskan mengikuti jejak Ayana sebagai mualaf, ia merupakan satu-satunya muslim di keluarganya. Perjalanannya menjadi muslim pun juga menghadapi berbagai rintangan hingga penolakan.

Penolakan yang dilakukan oleh orang tuanya disebabkan kekhawatiran akan masa depan Ayana jika memilih keyakinan tersebut. Bahkan kabarnya, dukungan finansial dari orang tua untuk Ayana pun sempat dihentikan karena keputusannya tinggal di Malaysia. Namun, dengan tekad kuat Ayana tak gentar dan penuh semangat mencari pekerjaan paruh waktu disana.

Merilis Buku Perjalanan Hijrahnya

Potret Ayana Moon (Instagram.com/xolovelyayana)

Kisah perjalanannya dalam menjadi pemeluk Islam menjadi inspiratif bagi banyak orang. Hingga akhirnya, awal maret tahun 2020, Ayana merilis buku dengan judul 'Ayana Journey to Islam'. Buku tersebut diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dan menceritakan kisah sejak Ayana kecil hingga berkarir di Indonesia. Dalam bukunya juga, ia menceritakan awal mula mengenal islam hingga memutuskan menjadi mualaf dan kini berada di Indonesia. Buku ini dicetak dengan memiliki 130 halaman dan ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang mudah untuk dibaca. Apakah tertarik untuk membelinya, Ladies?

s