Anniversary Ke-6, Berikut 6 Fakta Menarik Boy Group iKON

Jumat, 17 September 2021 | 07:36:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Anniversary Ke-6, Berikut 6 Fakta Menarik Boy Group iKON

Foto: Soompi

iKON adalah salah satu boygroup K-Pop yang telah meraih popularitas baik di Korea maupun di seluruh dunia. Lagu-lagunya yang catchy dan aksi panggung yang mengagumkan membuat penampilan boy group beranggotakan 6 orang ini selalu dinantikan.

Fakta Menarik iKON

Boy group besutan YG Entertainment ini debut pada 15 September 2015 silam. Memasuki usia ke-6 tahun debut, berikut 6 fakta boy grub iKON yang perlu iKONic (sebutan untuk penggemar iKON) tahu. 

1. Telah mengikuti sejumlah survival show di dua negara

Foto: Soompi

Di tahun 2013, iKON mengikuti survival show produksi YG Entertainment dan MNET, WIN: Who is Next. Di acara sini, trainee YG dibagi menjadi dua tim, yaitu Team A dan Team B. Saat itu Bobby, B.I, Ju-ne, Jinhwan, Yunhyeong, dan Donghyuk termasuk dalam team B.

Sayangnya, mereka belum berkesempatan memenangkan ajang tersebut. Kemudian, YG Entertainment membuat survival show baru berjudul Mix & Match di tahun 2014 untuk mendebutkan iKON. Setelah mengikuti acara ini, Bobby, B.I, Jinhwan, Donghyuk, Ju-ne, Yunhyeong, dan Chanwoo akhirnya resmi debut sebagai iKON di tahun 2015.

Satu tahun setelah debut, mereka mengikuti survival show. Namun, kali ini bukan di Korea, melainkan di Tiongkok. iKON mengikuti survival show Tiongkok yang bertajuk Heroes of Remix. Di sini, mereka berkompetisi bersama sejumlah grup populer lainnya, seperti Monsta X, SNH48, dan VIXX.

Hebatnya, mereka berhasil menjadi pemenang Heroes of Remix dan mendapatkan hadiah berupa sebuah mobil model terbaru. Yang terbaru, di tahun 2021, iKON kembali mengikuti survival show MNET yang bertajuk Kingdom.

Selama 3 bulan mereka ditantang untuk tampil dengan beragam konsep yang terbagi dalam 5 babak. Pelantun Dumb and Dumber ini memperoleh posisi kelima dalam final Kingdom

2. Makna di balik logo dan nama iKON

Dalam acara Mix and Match, CEO Yang Hyun Suk mengungkapkan makna di balik nama iKON. Nama ini terinspirasi dari kata icon dan ia berharap agar iKON menjadi ikon yang merepresentasikan Korea dan Kpop dengan mengganti huruf ‘C’ dalam kata icon menjadi huruf ‘K’.

Sedangkan logonya terdiri dari garis-garis yang cukup unik. Logo garis iKON tersebut terinspirasi dari bendera Korea Selatan yang mewakili keempat unsur alam, yaitu bumi, matahari, langit, dan bulan.

3. Punya anggota yang multitalenta

Foto: Soompi

Tak hanya sekedar menampilkan lagu-lagu di atas panggung, iKON pun turut andil dalam penggarapan albumnya dengan menulis dan memproduseri lagu-lagu mereka sendiri.

Mereka juga memiliki kemampuan dance yang baik. Hal ini dibuktikan dengan pendapat Kiel Tutin dan Parris Goebel yang berperan sebagai pelatih dance iKON di acara MIx & Match

4. iKON menyabet sejumlah penghargaan musik

Sejak awal debutnya, iKON telah meraih sejumlah penghargaan musik bergengsi, seperti Mnet Asian Music Awards, Gaon Chart K-Pop Awards, Melon Music Awards, dan Seoul Music Awards. Puluhan piala yang didapatkannya adalah bukti dari kerja keras dan kualitas karya yang dihasilkannya.

5. Telah tampil di sejumlah panggung sebelum debut

Foto: Soompi

Saat masih menjadi Team B, iKON telah unjuk gigi di sejumlah panggung bersama dengan seniornya di YG Entertainment, antara lain YG Family Concert 2014 di Tokyo Dome dan menjadi pembuka konser Bigbang di Jepang.

Kemudian, dua anggotanya, Bobby dan B.I turut berkolaborasi dalam single Epik High yang berjudul Born Hater. Mereka menjadi satu-satunya trainee yang tampil di panggung MAMA bersama dengan Epik High dan Mino WINNER.

6. Makin melejit dengan single Love Scenario

Pada 25 Januari 2018, iKON merilis single Love Scenario. Single yang diciptakan oleh B.I ini membuat nama iKON semakin melejit dan memenangkan penghargaan Song of the Year dalam ajang Melon Music Awards 2018. Kerennya, lagu ini memiliki penggemar dari segala usia, termasuk anak-anak berusia TK dan SD.

Bahkan, iKON juga menggelar event PIKONIC Day untuk menghibur penggemar cilik mereka. Lagu yang mudah dinyanyikan dan melodinya yang catchy membuat Love Scenario dicintai banyak orang. 

Itu dia beberapa fakta menarik iKON yang belum lama ini merayakan anniversary debut yang keenam. Sukses selalu iKON!

Berita Terkait