Fakta Penangkapan Anji yang Terjerat Kasus Narkoba

Senin, 14 Juni 2021 | 20:53:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Fakta Penangkapan Anji Yang Terjerat Kasus Narkoba

Foto: instagram.com/duniamanji

Nama Anji mungkin sudah tidak asing terdengar. Ia merupakan salah satu tokoh musisi di Indonesia. Pria kelahiran 5 Oktober 1978 tersebut sudah memulai debutnya bersama Drive di tahun 2004. 

Setelah tak lagi aktif manggung bersama Drive, Anji kini menjadi solois serta menjalankan kanal YouTube bernama Duniamanji. Ia pun pernah terlibat beberapa kontroversi yang membuatnya harus berurusan dengan kepolisian. 

Salah satunya tentang konten wawancaranya bersama Hadi Pranoto tentang 'obat corona' yang sempat menjadi pembicaraan hangat beberapa waktu lalu. Buntut dari konten ini membuat Anji kembali berhadapan dengan polisi. 

Baru-baru ini nama Anji kembali menjadi perbincangan hangat. Musisi bernama lengkap Erdian Aji Prihartanto ini ditangkap polisi terkait narkoba.  Berikut ini beberapa fakta terkait penangkapan Anji. 

1. Ditangkap di studio kawasan Cibubur

Seperti dilansir dari Kompas.com, Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo menyatakan bahwa musisi berinisial AEP atau AN alias Anji ditangkap pada hari Jumat 11 Juni 2021 lalu sekitar pukul 19.30 WIB. 

Ia ditangkap atas kepemilikan narkoba di salah satu studionya yang berlokasi di kawasan Cibubur. Saat dilakukan penggeledahan, polisi menemukan barang bukti narkotika berupa ganja.

2. Barang bukti

Polisi menemukan barang bukti narkotika jenis ganja saat melakukan penangkapan terhadap pelantun tembang Dia tersebut. Namun, rincian jumlah ganja yang disita oleh petugas kepolisian masih belum diungkap.

Selain melakukan penggeledahan terhadap tubuh Anji, petugas juga menemukan barang bukti lain setelah menggeledah studio. Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo mengungkapkan bahwa ganja bukanlah satu-satunya barang bukti yang ditemukan saat penangkapan Anji.

3. Masih dilakukan penyelidikan

Kondisi Anji usai penangkapan saat ini ia dalam keadaan sehat. Setelah ditangkap, Anji menjalani pemeriksaan terkait kepemilikan jenis narkotika di Markas Polres Metro Jakarta Barat. 

Oleh sebab itu, polisi masih belum dapat mengungkap lebih rinci terkait kronologi dan barang bukti yang menyeret nama Anji. Menurut Ady, penyidik tengah menyelidiki keterangan Anji dan barang bukti.

Pasca penangkapan mantan personel Drive tersebut, nama Anji menjadi trending topic di platform Twitter. Cuitan lama yang ditulis Anji kembali disenggol netizen. Dalam cuitan yang diunggah pada 25 Maret 2013 lalu itu, Anji mengungkapkan saol penggunaan narkoba.  Kala itu ia pernah bercuit soal perbandingan pengguna narkoba dengan kelakuan yang bisa membunuh. Cuitan tersebut kini mendapatkan 343 retweet dan 259 likes.

Anji menulis dalam cuitannya di akun @duniamanji, "Gue lebih baik orang make narkoba sendiri, ngerugiin diri sendiri. Dibanding yang melakukan sesuatu, yang mengakibatkan orang terbunuh."

5. Karier Anji

Anji populer sebagai salah satu anggota Drive yang debut di tahun 2004. Lagu-lagu yang dinyanyikan Drive pun sempat menjadi hits, misalnya Bersama Bintang.

Setelah beberapa tahun bersama band yang membesarkan namanya itu, Anji mulai merintis karier sebagai penyanyi solo. Lagu yang dibawakan Anji pun sukses di pasaran.

Tak hanya menyanyi, seperti para pesohor lainnya, Anji pun membuka kanal YouTube bernama Duniamanji. Konten yang dibagikannya juga cukup beragam, bahkan ada yang kotroversial.

Itulah beberapa fakta terkait penangkapan Anji yang terjerat narkoba. Penggunaan narkoba memiliki dampak negatif pada diri sendiri, so jauhi narkoba, ya! Say no to drugs!