5 Fakta Stadion Al Bayt di Qatar, Lokasi Pembukaan Piala Dunia 2022

Rabu, 23 November 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Fakta Stadion Al Bayt Di Qatar, Lokasi Pembukaan Piala Dunia 2022

Stadion Al Bayt. (Special)

Ladiestory.id - Piala Dunia 2022 telah berlangsung sejak Minggu (20/11/2022). Stadion Al Bayt, Qatar menjadi lokasi pembukaan pertandingan sepak bola Piala Dunia 2022.

Stadion ini pun menjadi lokasi Jungkook BTS menyanyikan soundtrack Piala Dunia 2022 yang bertajuk “Dreamers”. Berikut beberapa fakta seputar Stadion Al Bayt, Qatar.

Stadion Terbesar Kedua di Qatar

Stadion Al Bayt. (Special)

Al Bayt menjadi stadion kedua terbesar di Qatar. Stadion ini mampu menampung 60 ribu penonton. Sementara, stadion terbesar pertama di Qatar adalah Stadion Lusail, dengan kapasitas 80 ribu penonton.

Namun, Stadion Al Bayt memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, stadion ini didesain berupa tenda-tenda, yang terinspirasi dari bayt al sha’ar. Perlu diketahui bayt al sha’ar merupakan tenda yang memiliki cerita historis. Konon, tenda ini dipakai oleh orang nomaden di Qatar. Sehingga, Stadion Al Bayt didesain untuk menghormati dan mengenang Qatar.

Desain tenda di stadion ini terlihat eye-catcing. Selain itu, desain di tenda Stadion Al Bayt dibuat praktis. Pasalnya, tenda ini mampu dibuka dan ditutup.

Selain itu, tenda ini dilengkapi dengan pendinginan stadion. Teknologi ini sangat membantu memertahankan suhu yang nyaman tanpa menggunakan tenaga ekstra.

Stadion Indoor di Piala Dunia 2022

Stadion Al Bayt. (Special)

Perlu diketahui, Stadion Al Bayt menjadi satu-satunya stadion indoor di Piala Dunia 2022. Seperti diketahui, pertandingan sepak bola Piala Dunia 2022 tidak hanya dilakukan di Stadion Al Bayt saja. Stadion ini digunakan untuk pembukaan Piala Dunia 2022, pertandingan awal, dan final yang akan diadakan pada 18 Desember 2022.

Meski indoor, pemain dan penonton tak perlu khawatir kepanasan. Pasalnya, stadion ini memiliki sistem buka tutup. Saat tenda ditutup, maka sistem pendingin di stadion akan bekerja. Sehingga, teknologi ini mampu menetralkn udara panas di dalam stadion.

Punya Halaman Sangat Luas

Stadion Al Bayt. (Special)

Pada dasarnya, stadion memang memiliki halaman yang luas untuk pertandingan sepak bola. Namun, faktanya Stadion Al Bayt memiliki halaman hijau yang sangat luas.

Tercatat, stadion ini memiliki luas 400 ribu meter persegi. Bahkan, angka ini sudah setara dengan lebih dari 30 lapangan sepak bola. Sehingga, bisa dibayangkan sebesar apa stadion yang digunakan untuk pertandingan Piala Dunia 2022.

Di Stadion Al Bayt juga dilengkapi dengan Taman Al Bayt atau Al Bayt Park. Lokasi ini baru saja diresmikan pada Februari 2022 silam. Di taman tersebut, pengunjung bisa bersepeda, jogging track, area bermain, kedai kopi, dan restoran.

Akan Dibangun Fasilitas Mewah

Stadion Al Bayt. (Special)

Rupanya pembangunan Al Bayt masih akan terus disempurnakan usai perhelatan Piala Dunia 2022. Nantinya, akan ada perubahan konstruksi di stadion ini.

Pasalnya, kursi bagian atas stadion akan dihilangkan. Sehingga, kapasitas di Stadion Al Bayt turun menjadi 32 ribu penonton dari yang sebelumnya 60 ribu orang.

Lokasi tersebut akan digantikan dengan sejumlah fasilitas mewah. Pengelola akan membangun hotel bintang lima, mal, restoran, gym, food court, gedung serbaguna yang mewah, dan cabang dari rumah sakit kedokteran olahraga Aspetar.

Sementara, untuk kursi yang sudah tidak digunakan lagi, akan disumbangkan. Kursi-kursi itu akan disumbangkan untuk pembangunan infrastruktur olahraga di Qatar dan negara lain.

Stadion Ramah Lingkungan

Stadion Al Bayt. (Special)

Stadion Al Bayt bisa disebut sebagai stadion yang ramah lingkungan. Pasalnya, stadion ini dikelilingi dengan area terbuka hijau, taman hingga danau yang membentang luas.

Bahkan, pengunjung bisa melakukan berbagai macam olahraga. Salah satunya, menunggang kuda dan unta, yang menjadi ciri khas negara timur.