Keren! Film "Before, Now & Then (Nana)" Masuk Nominasi Berlinale 2022

Minggu, 23 Januari 2022 | 00:01:00

Monica Dameria

Penulis : Monica Dameria

Keren! Film "Before, Now & Then (Nana)" Masuk Nominasi Berlinale 2022

Film Before, Now & Then (Nana). (Instagram.com/kamilandini)

Ladiestory.id - Kabar baik datang dari dunia perfilman Tanah Air. Film berbahasa Sunda yang berjudul Before, Now, & Then (Nana) berhasil masuk dalam kompetisi utama 72nc Berlin Internasional Film Festival (Berlinale) 2022.

Kabar ini diumumkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melalui instagram miliknya. Dalam unggahan tersebut, Ridwan Kamil memberikan selamat kepada para pemain dan kru yang terlibat dalam proyek film ini.

“Selamat untuk semua pemain & kru pendukung yang terlibat di produksi film ini. Selamat untuk Film Indonesia!” tulis Ridwan Kamil.

Film Before, Now, & Then (Nana) karya sutradara Kamila Andini serta produser Ifa Isfansyah dan Gita Fara ini terinspirasi dari satu bab di novel Jais Darga Namaku karya Ahda Imran. Film ini dibintangi oleh Happy Salma, Laura Basuki, dan Ibnu Jamil.

Before, Now & Then (Nana) Masuk Nominasi Berlinale 2022. (Instagram.com/kamilandini)

Film ini berlatarkan Indonesia di era 50-an pasca kemerdekaan. Before, Now, & Then (Nana) berkisah tentang seorang perempuan bernama Nana dan keluarganya. Kamila Andini mengatakan bahwa film ini sangat unik lantaran genre yang dipakai berbeda dari film lainnya.

“Film periodik Indonesia selalu terkait dengan sesuatu yang besar atau tentang seorang tokoh penting. Sedangkan, di sini saya menceritakan seorang tokoh perempuan pada umumnya, seperti nenek kita, kakak kita atau ibu kita, yang bisa disayangi dengan semua kekurangan dan kelebihannya," jelas Kamila Andini.

Salah satu pemain film tersebut, Happy Salma mengatakan bahwa dirinya bangga dengan pencapaian ini. Salma tidak ada ekspektasi apapun saat pertama kali ditawari untuk menjadi pemain di film ini.

“Saya memprovokasi Jais untuk menjadikan buku itu jadi karya lain, film. Lalu, saat ketemu Mbak Dini, Mas Ifa, saya  deg-degan, karena takut rugi kan. Eh, sekarang kok masuk ke Berlinale. Ya, saya kayak, loh kok bisa. Kaget, karena mungkin enggak ada ekspektasi apa-apa kali ya," ungkap Happy Salma.

Before, Now & Then (Nana) berhasil lolos dan terseleksi dalam program kompetisi utama Berlinale. Kompetisi ini terdapat 18 film yang akan berkompetisi untuk mendapatkan penghargaan Golden Bear dan Silver Bear.

s