Full Colour, Mengenal 12 Bahan Yu Sheng Hidangan Khas Imlek yang Penuh Makna

Senin, 23 Januari 2023 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Full Colour, Mengenal 12 Bahan Yu Sheng Hidangan Khas Imlek Yang Penuh Makna

Yu Sheng Hidangan khas Imlek. (special)

Ladiestory.id - Yu Sheng merupakan salah satu hidangan tradisional Tiongkok yang biasanya disajikan pada perayaan atau hari besar seperti Imlek. Yu Sheng terdiri dari beberapa jenis bahan yang dipotong dengan ukuran kecil-kecil, lalu dicampurkan dengan saus plum. Yu Sheng dipercaya sebagai simbol keberuntungan, maka tak heran jika hidangan yang satu ini kerap disajikan pada tahun baru Imlek.

Menariknya sebelum menyantap Yu Sheng, biasanya keluarga akan berkumpul di meja makan, dan bersama-sama mengaduk bahan-bahan Yu Sheng, lalu diangkat tinggi-tinggi. Semakin tinggi, maka dipercaya akan keberuntungan akan semakin banyak. Ladies, kira-kira apa saja ya bahan untuk membuat Yu Sheng? Simak informasi lengkapnya berikut ini

Ikan Mentah

Ilustrasi Daging Ikan Salmon. (Special)

Bahan utama dalam membuat Yu Sheng adalah ikan mentah, biasanya orang Tionghoa akan menggunakan ikan salmon yang telah dibersihkan lalu dipotong-potong. Salmon dipercaya sebagai lambang dari keberkahan.

Wortel

wortel (Special)

Wortel juga menjadi salah satu bahan untuk membuat Yu Sheng. Wortel akan dikupas, kemudian dicuci, dan diiris tipis-tipis. Wortel dipercaya sebagai lambang dari harapan atau tercapainya sebuah tujuan.

Lobak Hijau

Serupa dengan wortel, lobak hijau juga dihadirkan sebagai bahan Yu Sheng. Hadirnya lobak hijau dalam Yu Sheng dipercaya sebagai lambang dari karier, bisnis, atau usaha yang berjalan dengan lancar

Lobak Putih

Selain lobak hijau, Yu Sheng juga dilengkapi dengan lobak putih yang dipercaya sebagai lambang dari kesuksesan sepanjang tahun. Masyarakat Tionghoa percaya dengan adanya lobak putih di dalam hidangan Yu Sheng, maka kesuksesan sepanjang tahun akan lebih dahsyat seperti angin dan ombak.

Jeruk Nipis

Ilustrasi jeruk nipis. (Special)

 

Perasan air jeruk nipis yang membuat Yu Sheng terasa segar dan nikmat, ternyata juga memiliki makna khusus yaitu keuntungan yang besar. Semakin segar rasa Yu Sheng saat disajikan, maka semakin besar keuntungan yang akan diperoleh.

Paprika Merah

Awalnya paprika merah disajikan dengan cara dipotong tipis-tipis, namun menyesuaikan dengan perkembangan dari waktu ke waktu. Banyak yang menyajikan paprika dalam bentuk bubuk, sebagai penambah rasa di Yu Sheng. Penggunaan paprika merah dipercaya sebagai lambang dari cinta dan kebahagiaan.

Biji Wijen

Biji wijen biasanya akan ditaburkan diatas Yu Sheng, untuk menambah citarasa yang gurih. Dengan menaburkan biji wijen dipercaya akan membawa kedamaian dan keamanan di dalam hidup.

Kacang Tanah

Ilustrasi kacang tanah. (Special)

 

Selain biji wijen, Kamu juga harus menaburkan kacang tanah di atas hidangan Yu Sheng. Kacang tanah disangrai terlebih dulu, kemudian ditumbuk kasar, lalu disajikan sebagai bahan taburan. Kacang tanah dipercaya sebagai lambang dari perak dan emas.

Keripik

Masih berhubungan dengan perak dan emas, keripik atau pangsit goreng juga wajib ada di dalam hidangan Yu Sheng. Keripik menjadi lambang dari emas batangan, dengan harapan agar kekayaan dan kemakmuran selalu ada di sekitar kita.

Minyak Wijen

Bahan yang satu ini juga tidak boleh terlewatkan yaitu minyak wijen. Menuangkan minyak wijen pada semua bahan Yu Sheng yang lainnya dipercaya akan menghadirkan kekayaan yang terus mengalir.

Saus Plum

Ilustrasi Saus Plum. (special)

 

Citarasa saus plum yang manis, membuat Yu Sheng semakin segar dan nikmat saat disantap. Selain itu, saus plum juga dipercaya akan membuat hidup semakin manis dan harmonis.

Bumbu Rempah

Ilustrasi Rempah-Rempah. (special)

 

Bahan terakhir yang membuat Yu Sheng terasa nikmat untuk disantap bersama keluarga adalah adanya campuran bumbu rempah. Bumbu rempah utama yang digunakan biasanya terdiri dari lima komponen yaitu kayu manis, merica, adas, cengkeh, dan kembang lawang. Semua bumbu tersebut berfungsi sebagai penyedap hidangan Yu Sheng, dan memiliki makna kesehatan serta umur yang panjang.