Gak Cuma Jalan Bareng, Hal Ini Juga Termasuk Selingkuh Lho

Selasa, 2 Januari 2024 | 18:28:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Gak Cuma Jalan Bareng, Hal Ini Juga Termasuk Selingkuh Lho

Ilustrasi Selingkuh. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan kasus perselingkuhan yang marak terjadi. Terbaru, seorang TikTokers, Ira Nandha membongkar dugaan perselingkuhan yang dilakukan oleh suaminya yang berprofesi sebagai pilot dengan pramugari.

Selingkuh merupakan tindakan mendua atau tidak setia kepada pasangan. Namun tak banyak yang tahu, selingkuh ternyata memiliki bentuk yang bermacam-macam.

Melansir Hello Prenup, terdapat empat bentuk perselingkuhan, yakni perselingkuhan emosional, perselingkuhan fisik, perselingkuhan online, dan perselingkuhan mikro.

Perselingkuhan Emosional

Ilustrasi Selingkuh. (Freepik.com)

 

Perselingkuhan dapat terjadi karena emosi yang timbul karena adanya masalah dalam sebuah hubungan. Hal ini dapat terjadi dari pasangan yang melampiaskan emosinya dengan bertukar cerita dengan orang lain.

Berhati-hatilah dalam berkeluh kesah, apalagi kepada lawan jenis, karena hal tersebut dapat menimbulkan perselingkuhan apabila keduanya merasa nyaman.

Sama halnya seperti selingkuh fisik, selingkuh emosional juga dapat menyebabkan rusaknya kepercayaan dan komunikasi dalam hubungan.

Perselingkuhan Fisik

Ilustrasi Selingkuh. (Freepik.com)

 

Perselingkuhan fisik berarti terdapat aktivitas seksual dengan orang lain di luar hubungan. Biasanya hal ini terjadi apabila seseorang kurang merasa puas dengan hasrat seksual yang diberikan oleh pasangannya.

Tak hanya bisa melukai hati pasangan, selingkuh jenis ini dapat menimbulkan risiko penyakit menular seksual, serta perasaan insecure yang berlebihan.    

Perselingkuhan Online

Ilustrasi Selingkuh. (Freepik.com)

 

Tak cuma selingkuh fisik, hubungan yang terlibat secara online juga merupakan perselingkuhan. Selingkuh online sangat banyak bentuknya, seperti sexting, flirting, atau melakukan hubungan seksual secara virtual.

Meski tak melibatkan fisik secara langsung, namun perselingkuhan online tetap dapat merusak emosional pasangan dan merupakan bentuk pengkhianatan terhadap kepercayaan pasangan.

Perselingkuhan Mikro

Ilustrasi Selingkuh. (Freepik.com)

 

Micro cheating atau perselingkuhan mikro merupakan salah satu perbuatan yang sering dianggap sepele namun sangat berdampak besar dalam sebuah hubungan.

Selingkuh jenis ini bisa berupa diam-diam tetap berhubungan dengan mantan, berbohong tentang status hubungan dengan seseorang, atau iseng membuat profil kencan. Terlihat tak ada masalah serius, namun dengan melakukan hal-hal tersebut dapat membuka peluang terjadinya perselingkuhan.