Gak Sembarangan, Ini Penggunaan Skincare Yang Benar

Tuesday, 15 Jun | 15:33:23

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Gak Sembarangan, Ini Penggunaan Skincare Yang Benar

Foto: Ladiestory.id

Saat ini, banyak orang mulai menyadari betapa pentingnya  untuk merawat kulit. Produk skincare atau perawatan kulit pun laris manis dipasaran.

Jika dulu orang mungkin hanya tahu tentang krim pelembap, kini banyak orang yang paham jika produk skincare itu memiliki beragam jenis. Rangkaian produk skincare antara lain, facial wash atau pembersih wajah, toner, essence, pelembap, hingga sunscreen.

Banyak sekali bukan? Lalu bagaimana penggunaan skincare yang benar? Ini dia tipsnya.

      1. Double Cleansing

Jika kamu berpikir membersihkan wajah hanya dengan menggunakan facial wash sudah cukup, sebaaiknya kamu berpikir ulang. Teknik double cleansing adalah membersihkan wajah dengan dua tahapan dan menggunakan dua produk yang berbeda.  Jadi kamu akan menggunakan produk pembersih terlebih dahulu, lalu diikuti dengan mencuci muka dengan facial wash.

Produk untuk membersihkan wajah di tahap awal ini pun banyak jenisnya. Kamu bisa memilih micellar water, cleansing oil, hingga cleansing balm, sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Setelah itu, gunakan facial wash favoritmu untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel di wajah. Menurut beberapa beauty guru, gunakan jari tengah dan jari manis untuk memijat wajah saat memncuci muka. Alasannya karena dua jari ini konon lebih gentle untuk kulit wajah.

Guna dari double cleansing sendiri agar memastikan wajah bersih dari make up, kotoran, atau pun debu. Jika wajah bersih, produk skincare pun lebih mudah terserap.

      2. Gunakan skincare dari yang paling cair ke yang produk yang konsistensinya lebih kental

Produk skincare memiliki banyak jenis, dari yang berbentuk cair, gel, hingga krim. Banyaknya jenis produk membuat tak sedikit orang bingung bagaimana cara menggunakannya.

Setelah memastikan wajah bersih, gunakan produk skincare dari yang paling cair ke produk yang memiliki konsistensi lebih kental. Itulah sebabnya toner/essence biasa diaplikasikan sesaat setelah mencuci muka.

      3. Perawatan area mata mulai dari usia 20-an

Memasukki usia 20 an, saatnya kamu berburu produk perawatan mata yang cocok sesuai kebutuhan. Alasan mehgapa perawatan mata perlu dimuali sedini mungkin karena are mata lebih sensitif dan mudah terlihat kerutan.

     4. Eksfoliasi dan masker secara rutin seminggu dua kali

Selain membersihkan wajah dengan teknik double cleansing, kamu juga perlu eksfoliasi untuk membersihkan kulit mati di area wajah.

Caranya, kamu bisa menggunakan produk scrub, peeling, atau menggunakan produk yang berbahan AHA, BHA, dan PHA, sesuai jenis dan kebutuhan kulit. Tak perlu terlalu sering, cukup gunakan minimal 1 kali seminggu dan maksimal 2 kali seminggu.

Tak hanya membersihkan wajah, kamu pun perlu merawat kulit wajah dengan masker. Setelah wajah bersih, wajahmu siap untuk menerima manfaat baik masker.

Pilihan produk masker pun beragam, ada sheet mask, clay mask, hingga gel mask. Memakai produk masker juga tak perlu terlalu sering, yang penting rutin setiap 1-2 kali seminggu.

      5. Jangan asal campur ingredients produk

Banyak orang masih beranggapan tidak boleh menggunakan berbagai brand kecantikan sekaligus. Padahal, tidak ada yang salah dengan menggunakan banyak brand sekaligus selama ingredients produk di dalamnya tidak asal kamu gunakan.

Saat menggunakan skincare hindari menggunakan ingredients berikut secara bersamaan:

      1. Vitamin C dan AHA

      2. Retinol dan AHA/BHA

      3. AHA dan Benzoyl Peroxide

      4. Niacinamide dan AHA/BHA

      6. Aplikasikan sunscreen sebanyak dua jari walau tidak keluar rumah

Sunscreen biasanya dipakai dalam urutan terakhir pemakaian skincare. Produk ini memantu melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV. Untuk itu, kamu perlu menggunakan produk ini walau hanya berada di dalam rumah atau saat mendung , karena kamu tetap dapat terpapar sinar UV A.

Banyak beauty guru menyarankan untuk menggunakan takaran sunscreen sebanyak dua jari. Dengan jumlah ini, sudah cukup untuk meratakan produknya di seluruh area wajah dan leher.

Itulah beberapa tips penggunaan skincare yang benar menurut sebagian besar beauty guru. Semoga kamu tak lagi bingung dengan penggunaan skincare, ya!

Berita Terkait