Gaya Parenting 2024, Orang Tua Akan Lebih Sabar Hadapi Anak

Senin, 15 Januari 2024 | 15:59:00

Atika Febriani

Penulis : Atika Febriani

Gaya Parenting 2024, Orang Tua Akan Lebih Sabar Hadapi Anak

Ilustrasi ibu dan anak. (Pinterest.com)

Ladiestory.id - Mengawali tahun 2024, sesuatu yang baru menjadi hal yang antusias dikerjakan. Mimpi baru hingga resolusi mengenai gaya parenting dan pola asuh pun menjadi rencana yang akan mereka ubah dari tahun sebelumnya. 

Melansir dari cnbc.com yang tayang Minggu (31/12/2023), survei terbaru mengatakan 2.044 orang tua memiliki perbedaan pendapat mengenai pola asuh yang kiranya mereka lanjutkan atau mereka ubah di tahun 2024. Sebanyak 47% orang tua memilih menjadi lebih disiplin dan konsisten dalam mengatur anak, sedangkan 78% orang tua mengatakan bahwa mereka akan berusaha lebih sabar menghadapi anak mereka.

Mona Delahooke, seorang psikolog anak mengatakan bahwa para orang tua bisa mengombinasikan gaya pengasuhan modern yang lembut dengan gaya tradisional yang berwibawa. Kebanyakan anak akan mendapatkan manfaat dari perpaduan gaya pengasuhan tersebut. 

 

Ilustrasi ibu dan anak. (Pinterest.com)

 

Pada gaya parenting ini kamu diperbolehkan mengatakan suatu larangan ke anak demi kebaikannya, konsisten menetapkan batasan yang harus anak jalani. Namun kamu tetap harus mengimbangi dengan mendengarkan kesedihannya jika diingatkan, memeluk ketika anak merasa sedih hingga mengakui kesalahan yang kamu lakukan dan meminta maaf.

Jika kamu melakukan reaksi spontan seperti memarahi anak di depan publik, temui anakmu dan jelaskan dengan baik mengenai larangan yang seharusnya ia ingat. Anak yang tengah menjalani proses perkembangan yang sangat panjang ini tentunya sedang menyerap rasa kecewa yang sangat wajar dirasakan. 

Ilustrasi ibu dan anak. (Pinterest.com)

 

Alih-alih membentak anak, sebaiknya kamu lebih tenang dan mengakui bahwa wajar jika kamu merasa kesan ketika tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Hal ini terbukti secara ilmiah dapat menenangkan anak.

Ketika rasa kecewa sang anak dibalas dengan kamu yang menenangkannya secara halus dan emosional, respon stres otak dan tubuh pada anak akan berkurang secara perlahan. Kehadiran dan kepedulian orang dewasa diketahui mengubah cara otak dan tubuh anak untuk mengurangi stres. 

Melalui parenting ini kamu bisa menjalankan hal baik dengan tidak membentak anak, namun juga tidak mengabulkan permintaannya. Kamu dapat menetapkan batasan yang harus mereka ikuti serta memberikan keamanan emosional pada saat bersama.