Gelaran Perdana, IN2MOTIONFEST 2022 Tampilkan Ragam Modest Fashion Unggulan Indonesia

Kamis, 6 Oktober 2022 | 12:30:00

Selsa Nawang Wulan

Penulis : Selsa Nawang Wulan

Gelaran Perdana, In2Motionfest 2022 Tampilkan Ragam Modest Fashion Unggulan Indonesia

Fashion Parade IN2MOTIONFEST 2022 Day 1.(Ladiestory.id/ Selsa Nawang Wulan)

Ladiestory.id - Tahun ini, Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) sektor fesyen hadir dengan nama baru, yaitu Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST). Sesuai nama baru yang diusung, ajang ini menjadi semangat baru untuk membawa karya-karya terbaik industri fesyen muslim Indonesia ke pasar global.

Sebagai upaya mewujudkan Indonesia menjadi pusat produk halal dan kiblat fesyen muslim dunia melalui kegiatan kolaboratif, Bank Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI dan Indonesian Fashion Chamber (IFC), dan dukungan mitra terkait lainnya dalam pelaksanaan IN2MOTIONFEST. 

IN2MOTIONFEST 2022 mengusung tema “Local Product, Global Look” yang mengangkat kearifan lokal modest fashion dengan wastra dan kain lokal Indonesia. IN2MOTIONFEST 2022 dilaksanakan pada 5 - 9 Oktober 2022 bertempat di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta. Rangkaian kegiatan IN2MOTIONFEST terdiri dari pameran dagang berstandar internasional, fashion show, kompetisi, talkshow, dan business matching.

Fashion Parade Sesi Pertama IN2MOTIONFEST 2022 Day 1.
(Ladiestory.id/ Selsa Nawang Wulan)

Sebagai etalase produk-produk fesyen muslim unggulan Indonesia yang siap merambah pasar global, IN2MOTIONFEST menggelar rangkaian fashion show dengan menampilkan 163 desainer fesyen dan jenama aksesoris.

Keragaman produk fesyen muslim dan aksesoris Indonesia ditampilkan dalam perhelatan ini, antara lain kategori ready to wear deluxe & street wear, office wear & cocktail wear (semi formal), dan syar'i evening wear (baju pesta/formal).

Keseluruhan koleksi yang ditampilkan mewakili berbagai asosiasi fesyen, anggota IKRA sektor fesyen dan aksesoris, binaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag), perwakilan dari sekolah-sekolah mode di Indonesia, serta berbagai komunitas.

Gelaran hari pertama IN2MOTIONFEST 2022 pada Rabu (5/10/2022), dibuka dengan fashion show dari kategori Ready to wear, Deluxe, Street Wear yang menampilkan koleksi dari Fenny Saptalia, Kirapassa Indonesia dan Kainkubiru dari IKRA, JOEARA, SALSABILAOCAA, Bellahasura, Luffi Vadisa, Putroh Ramadhan, dan Leny Rafael. 

Fashion Parade Sesi Pertama IN2MOTIONFEST 2022 Day 1.
(Ladiestory.id/ Selsa Nawang Wulan)

 

Pagelaran dilanjutkan dengan Fashion Parade sesi kedua yang menampilkan karya dari Hannie Hananto, Sessa by Monika Jufry, Irna La Perle by Irna Mutiara, dan Najua Yanti berkolaborasi dengan Hijabersmom Community Lombok, Lia Soraya, Jeny Tjahyawati, Iva Lativah, Lily Gunawan dan Ina Priyono X LAMOPS dari IKRA. 

Fashion Parade Sesi Kedua IN2MOTIONFEST Day 1.
(Ladiestory.id/ Selsa Nawang Wulan)
Fashion Parade Sesi Kedua IN2MOTIONFEST Day 1.
(Ladiestory.id/ Selsa Nawang Wulan)

 

Sementara itu, di Fashion Parade sesi ketiga menampilkan koleksi-koleksi dari para desainer yang terdiri dari, CHAERA LEE, PutriAnjani by PranaLiving X indhe (IKRA), Nura Boutique by Oewi Wahyono, Giok apparel by Mia, Melly Cholmin, Safartiwi Gadeng, Ryani by Yani, Ernie Kosasih, dan TRZ by Tata Trizka. 

Fashion Parade Sesi Ketiga IN2MOTIONFEST Day 1.
(Ladiestory.id/ Selsa Nawang Wulan)
Fashion Parade Sesi Ketiga IN2MOTIONFEST Day 1.
(Ladiestory.id/ Selsa Nawang Wulan)

 Sebagai penutup rangkaian fashion show ditampilkan kategori Syari dan Evening Wear dari ASK by Asky Febrianti, Tufiana, Anggia Handmade X Ana Pearls (IKRA), ARINZ by Arinda Nurma, ALTHAFUNISSA SYARI (IKRA), Elva Fauqo, Rya Baraba, JAWHARA SYARI, serta desainer tamu Syahrir Nurdin dari Malaysia.

Dalam fashion show yang mengakhiri kegiatan IN2MOTIONFEST pada hari ini, Fixy, Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI menyampaikan apresiasi, dengan rebranding IN2MOTIONFEST diharapkan semua pelaku modest fashion, mulai dari desainer, stakeholder, asosiasi, akademisi, bersama-sama semangat untuk menggiatkan dan menggaungkan industri fesyen muslim nasional agar maju ke kancah internasional.

Dengan adanya IN2MOTIONFEST semua bercita-cita dapat memperkuat Indonesia sebagai trendsetter modest fashion yang dilihat, diakui, dan dicari para pecinta modest fashion dunia. Melalui perhelatan kolaboratif ini ditargetkan misi Indonesia menjadi pusat inspirasi dan produksi fesyen muslim dunia sehingga industri fesyen muslim dapat mendorong pemulihan perekonomian nasional.