Gunakan Aftersun dan Eksfoliasi Kulit, 5 Cara Atasi Kulit Belang

Selasa, 17 Mei 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Gunakan Aftersun Dan Eksfoliasi Kulit, 5 Cara Atasi Kulit Belang

Ilustrasi kulit belang. (Special)

Ladiestory.id - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki dua musim saja, yakni musim panas dan musim hujan. Namun, tidak bisa dipungkiri musim panas di Indonesia dapat membakar kulit. Hal ini mengakibatkan banyak orang mengeluh terkait kulit yang belang.

Meskipun sudah menggunakan sunscreen, kulit belang tetap saja muncul baik di kaki maupun di tangan. Padahal kondisi kulit seperti ini cukup mengganggu penampilan. Jangan khawatir, berikut cara menghilangkan kulit belang yang bisa dilakukan.

Menggunakan Aftersun

Ilustrasi penggunaan sunscreen. (Special)

Banyak perempuan yang masih asing dengan produk aftersun. Kebanyakan orang hanya mengetahui sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Padahal, aftersun menjadi salah satu produk yang tidak kalah penting dari sunscreen. Pasalnya, aftersun dapat membuat kulit menjadi lebih sejuk dan rasa nyaman pada kulit yang terpapar sinar matahari seharian.

Sensasi rasa sejuk itu didapat dari kandungan lidah buaya yang ada di dalam aftersun. Bahkan, produk ini mampu mengatasi kulit terbakar matahari. Dengan begitu, aftersun akan membantu kulit beradaptasi dengan temperatur dan mencegah kulit menjadi dehidrasi. Aftersun dipercaya dapat menghilangkan kulit belang tetapi ampuh mencegah kulit belang.

Menghindari Makanan Tertentu

Foto: Ladiestory.id

Banyak yang bertanya apa hubungannya makanan dengan kulit belang. Apakah makanan bisa mempengaruhi kulit menjadi belang? Jawabannya adalah iya. Makanan atau minuman yang dapat memicu kulit menjadi belang di antaranya alkohol, makanan pedas, makanan tinggi kadar gula, dan juga makanan yang berlemak.

Jika tidak ingin kulit menjadi belang, sebaiknya mengubah pola makan dengan menghindari jenis makanan dan minuman tersebut. Sebaliknya lebih baik mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi baik. Pasalnya, makanan yang memiliki nutrisi dan gizi baik mampu membuat kulit semakin sehat. Hal itu akan membantu meminimalisir kulit  tidak merata.

Melakukan Eksfoliasi

Ilustrasi penggunaan body scrub. (Special)

Eksfoliasi menjadi salah satu cara menghilangkan kulit belang. Cara eksfoliasi untuk menghilangkan kulit belang yang paling mudah yaitu dengan scrub. Biasanya, eksfoliasi dengan scrub bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan alami atau produk kecantikan. Bahan-bahan alami ini akan membantu mengembalikan warna kulit belang maupun kusam dengan mengangkat sel kulit mati.

Memang, cara menghilangkan kulit belang dengan eksfoliasi terbilang mudah. Namun, sejatinya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan eksfoliasi kulit. Yakni, menggosok kulit dengan lembut dan tidak terburu-buru. Seusai eksfoliasi juga wajib menggunakan pelembap agar menghindari kulit menjadi kering.

Menggunakan Produk Pencerah Kulit

Memakai skincare. (Special)

Salah satu cara yang mudah yakni menggunakan produk pencerah kulit. Jika pemakaian produk rutin, kulit akan kembali seperti semula secara cepat. Tak perlu bingung, pasalnya kini sudah banyak yang menawarkan produk tersebut. Ya, produk yang membantu mencerahkan kulit dengan instan termasuk untuk mengatasi kulit belang.

Meski begitu, sebaiknya jangan sembarangan dalam memilih produk. Perhatikan kandungan produk sebelum menggunakannya. Karenaa tidak semua kandungan skincare aman untuk kulit, sehingga harus selektif saat memilihnya. Dilansir berbagai sumber, setidaknya produk tersebut harus memiliki kandungan yang aman untuk mencerahkan kulit belang dan kusam.

Kandungan yang dimaksud di antaranya, vitamin C, azelaic acid, glycolic acid, kojic acid, retinoid. Sebaliknya, harus menghindari produk pencerah yang memiliki kandungan merkuri atau steroid karena bisa berbahaya dan merusak kulit.

Penuhi Cairan Tubuh

Ilustrasi orang minum karena kehausan. (Special)

Memenuhi cairan tubuh menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengembalikan warna kulit belang. Sebaiknya penuhi cairan tubuh dengan rutin meminum air putih. Pasalnya, kulit yang terhidrasi dapat memberikan kulit yang cerah dan sehat. Selain itu, mengonsumsi banyak air putih akan membantu tubuh membuang racun sekaligus menjaga kesehatan kulit.

Dilansir dari berbagai sumber, sebuah penelitian mengatakan mengonsumsi dua cangkir air putih dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Nantinya kebiasaan baik ini akan membuat warna kulit jadi lebih merata.

s