Gunakan Teknologi AI, Melly Goeslaw Rilis Lagu dengan Mendiang Nike Ardilla

Selasa, 12 Desember 2023 | 09:43:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Gunakan Teknologi Ai, Melly Goeslaw Rilis Lagu Dengan Mendiang Nike Ardilla

Melly Goeslaw dan Nike Ardilla. (Instagram/nikeardillaofficial)

Ladiestory.id - Melly Goeslaw kembali merilis lagu baru yang bertajuk ‘Bertemu Kembali’ pada Jumat (8/12/2023) lalu.

Dalam lagu baru tersebut, Melly Goeslaw dan tim meracik ulang rekaman suara sahabatnya, mendiang Nike Ardilla, menjadi sebuah lagu duet.

Dari keterangan Melly, suara Nike yang meninggal pada Maret 1995 pada usia 19 tahun dalam lagu itu adalah asli. Sementara, video klip yang dirilis bersamaan baru menggunakan kecerdasan buatan alias AI.

"Suaranya bukan AI ya, suaranya asli, diambil dari master yang dulu. Jadi bukan AI. Yang AI itu video klipnya," kata Melly Goeslaw.

Penyanyi asal Kota Bandung itu mengakui proyek ini terinspirasi dari duet Dua Lipa dan Elton John dalam Cold Heart (2021) yang menggabungkan lagu Rocket Man (1972), Kiss the Bride (1983), Sacrifice (1989), dan Where's the Shoorah? (1976).

Melly menyebut ia sengaja membuat proyek kolaborasi ini sebagai hadiah untuk sahabatnya yang hari lahirnya akan jatuh pada 27 Desember mendatang.

Melly Goeslaw juga merasa terharu karena telah memenuhi satu keinginannya membuat sebuah proyek bersama Nike Ardilla.

Melly Goeslaw & Nike Ardilla 'Bertemu Kembali'. (Instagram/melly_goeslaw)

Ia pun menambahkan bahwa dirinya sempat menyesal karena tidak sempat berduet dengan Nike Ardilla semasa hidupnya.

"Waktu itu sempat iseng-iseng buat lagu tapi kesempatannya ya baru bisa sekarang, setelah Nike enggak ada. Karena waktu itu mikirnya kita sama-sama ada di industri musik, masa enggak ada karya bareng," jelas Melly.

Diketahui, Melly Goeslaw dan Nike Ardilla bersahabat karena merintis karir saat masih di usia belia bersama-sama.

Bahkan, Melly Goeslaw mengaku sempat menumpang hidup dengan mendiang Nike Ardilla saat dirinya baru merantau untuk membangun karirnya dari Bandung ke Jakarta.

"Saya pernah nebeng hidup sama Nike di Jakarta. Saya hijrah ke Jakarta jadi backing vocal di mana-mana. Saya tinggal di jalan Mangga," kenang Melly Goeslaw.