Duh, Gunung Kelud Diramalkan Meletus pada 2022

Rabu, 29 Desember 2021 | 22:15:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Duh, Gunung Kelud Diramalkan Meletus Pada 2022

Gunung Kelud. (Instagram.com/wisatakelud)

Ladiestory.id - Belum hilang dari ingatan peristiwa meletusnya gunung semeru yang berada di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu sore, (04/12/2021).

Menyusul kabar tersebut, salah satu paranormal meramalkan peristiwa gunung meletus yang akan terjadi pada gunung kelud pada 2022. Ki Dharma Kuncara, seorang paranormal meramalkan peristiwa gunung kelud meletus ini melalui unggahan salah video dari kanal YouTube Mercundi. 

Ki Dharma. (Youtube.com/mercundi)

"Untuk rambu-rambu dari saya, dimungkinkan, sesuatu yang tidak memberi ada-ada terlebih dahulu, kemungkinan besar tahun 2022 Gunung Kelud akan batuk agak besar," ucap Ki Dharma.

Menurut Ki Dharma, peristiwa meletusnya Gunung Kelud  diramalkan akan sama seperti yang terjadi 2014 silam.

"Seperti tahun 2014, kemungkinan Gunung Kelud akan kembali memuntahkan lahar pada 2022," ucap Ki Dharma.

Untuk mengantisipasi, melalui ramalannya dia memberikan peringatan agar masyarakat lebih berhati-hati.

"Saya memberi rambu-rambu ini karena Gunung Kelud itu sering membawa korban jiwa sampai dengan ribuan. Nah hendaknya kita patut waspada, kita patut berhati-hati, secara keseluruhan," ungkap Ki Dharma.

Ki Dharma menilai, Gunung Kelud merupakan gunung yang fenomenal di Indonesia karena memang memiliki sejarah khusus.

"Dimungkinkannya Gunung Kelud akan batuk seperti tahun 2014 karena gunung kelud ini adalah gunung yang cukup fenomenal, per 20 tahun perhitungan 25 tahun, Gunung Kelud selalu memberikan odo-odo, nah ini sesuai dengan jalur kisah Jenggala," papar dia.

Ki Dharma menambahkan, "Jenggala itu kan ada legenda Lembu Suro dan Maeso Suro yang konon akan menikahi dengan putri Jenggala itu yang bernama Dewi Kilisuci, tapi ini bukan sebangsa manusia," sambung Ki Dharma.

Selain itu, berdasarkan sejarah, lahirnya Presiden pertama RI Soekarno juga berbarengan dengan meletusnya Gunung Kelud.

"Jadi pada prinsipnya perhitungan 20 hingga 25 tahun, Gunung Kelud pasti mengeluarkan erupsi yang dahsyat, yang ketinggiannya, berdasarkan literasi saja saja, ketinggian abu vulkaniknya sampai 17 kilometer. Terbukti kemarin tahun 2014 kan nyaris rata se Pulau Jawa sampai dengan Ciamis aja kena debunya," terang dia.

Ki Dharma juga menyebut, Gunung Kelud merupakan salah satu gunung yang aktif yang ada di Jawa Timur hingga saat ini. Sehingga masyarakat diminta waspada akan tanda-tanda peristiwa gunung meletus.