Hal-Hal yang Menyenangkan dan Penting untuk Diajarkan Kepada Anak Berusia 1 Tahun

Sabtu, 8 April 2023 | 12:33:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Hal-Hal Yang Menyenangkan Dan Penting Untuk Diajarkan Kepada Anak Berusia 1 Tahun

Ilustrasi hal menyenangkan dan menarik untuk anak usia 1 tahun. (Pexels/Pixabay)

Ladiestory.id - Sebagai orang tua baru tentu akan sering merasa bingung bagaimana menghadapi berbagai situasi, terutama saat anak tumbuh dan berkembang. Begitu sang buah hati berusia satu tahun, tingkat pertumbuhan dan pembelajarannya akan meningkat pesat.

Antara 12 bulan dan 2 tahun, anak-anak mulai melakukan sesuatu sendiri, melihat sebab dan akibat, dan secara aktif terlibat dengan orang lain di lingkungan mereka.

Sebagai orang tua, beberapa aktivitas dan tujuan sederhana dapat membantu dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan mereka ke arah yang benar. Berikut adalah beberapa hal penting untuk difokuskan.

Keterampilan bahasa dan komunikasi

Ilustrasi keterampilan bahasa dan komunikasi. (Pexels/nappy)

Pada usia ini, anak akan dengan cepat belajar dan mencari cara untuk berkomunikasi. Mereka juga akan berada dalam proses memahami bahasa. Pada usia 15 bulan, sebagian besar anak mengucapkan kata pertama mereka dan menunjuk ke sana kemari untuk meminta sesuatu atau mendapatkan bantuan.

Orang tua bisa mulai dengan mengajarkan bahasa isyarat bayi sederhana untuk kata-kata umum. Untuk membantu mereka menguasai bahasa, ajari mereka kata-kata sederhana, seperti benda-benda di sekitar rumah.

Keterampilan motorik halus

Ilustrasi motorik halus. (Pexels/Iuliyan Metodiev)

Koordinasi tangan-mata dan keterampilan motorik halus terus meningkat seiring pertumbuhan anak. Bayi akan senang memegang krayon dan pulpen dan mencoret-coretnya. Pilih mainan yang sesuai usia untuk mereka jelajahi, seperti balok kayu dan papan pasak.

Keterampilan sosial

Ilustrasi keterampilan sosial. (Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

Sementara anak-anak suka bermain, pada usia ini mereka mungkin tidak seinteraktif bermain seperti anak-anak yang lebih besar. Orang tua dapat mengatur kencan bermain dengan bayi dan balita lain sehingga meningkatkan keterampilan sosial mereka.

Umumnya, anak usia satu tahun akan bersosialisasi dengan meniru orang lain di sekitarnya. Ini bisa menjadi cara yang bagus bagi untuk mencontohkan perilaku yang baik.

Hal-hal tentang dunia

Ilustrasi hal-hal tentang dunia. (Pexels/ Josh Willink)

Perkenalkan anak pada dunia di sekitar mereka dan jangan terus-terusan mengurung mereka di dalam rumah. Sebagai orang tua, dapat mengajak mereka ke taman di sekitar rumah dan membiarkan mereka mengamati pepohonan, rerumputan, orang lain, dan sejuta hal lain yang terlihat.

Kegiatan sensorik

Ilustrasi kegiatan sensorik. (Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

Aktivitas sensorik memungkinkan anak yang berusia 1 tahun untuk mengeksplorasi dan memahami berbagai hal menggunakan indranya.

Ini akan memupuk imajinasi dan pertumbuhan mental mereka. Beberapa ide menyenangkan termasuk memeras air dari spons dan memasukkannya ke dalam mangkuk atau bermain dengan alat musik.