5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memiliki Anak

Sabtu, 18 Februari 2023 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memiliki Anak

Ilustrasi ibu hamil dan pasangan. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki anak menjadi salah satu harapan bagi sebagian besar pasangan yang baru saja menikah. Hadirnya sosok anak dipercaya bisa menambah keharmonisan dan kebahagiaan dalam rumah tangga. Namun, sebelum memutuskan untuk segera memiliki anak. Ada beberapa hal yang bisa kamu persiapkan. 

Tujuannya adalah agar calon orang tua bisa lebih siap dari segi psikologis dan finansial. Hal tersebut juga dapat membantumu untuk mempersiapkan masa depan anak yang lebih baik. Apa saja yang perlu dipersiapkan bagi calon orang tua? Simak selengkapnya ulasan berikut ini.

Siapkan Kondisi Finansial

Ilustrasi mengelola keuangan. (Special)

Banyak yang berpendapat bahwa setiap anak yang terlahir pasti membawa keberuntungan dan rezeki masing-masing. Hal tersebut tentu tidak sepenuhnya salah, tapi sebagai calon orang tua, kamu bisa bersikap realistis bahwa kondisi finansial juga perlu dipersiapkan.

Kebutuhan seorang anak tidak hanya meliputi dari segi konsumsi, pakaian, dan tempat tinggal. Seorang anak juga membutuhkan pendidikan yang layak sebagai bekal menuju masa depan yang lebih baik. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk memiliki anak, maka kamu bisa mempersiapkan kondisi finansial yang cukup.

Persetujuan Pasangan

Ilustrasi pasangan. (Special)

Tidak semua pasangan siap untuk memiliki anak. Faktanya, ada beberapa pasangan yang memilih untuk menunda atau bahkan tidak ingin memiliki anak. Hal yang tak kalah penting sebelum memutuskan untuk memiliki anak yaitu persetujuan dari pasangan.

Jangan sampai pasangan merasa belum siap, sehingga pernikahan menjadi tidak harmonis. Kamu wajib untuk berkomunikasi dengan pasangan mengenai kesiapan masing-masing saat memiliki anak. Sehingga, nantinya anak bisa tumbuh dalam lingkungan keluarga yang harmonis.

Cek Kondisi Kesehatan

Ilustrasi pasangan konsultasi ke dokter. (Special)

Jika kamu dan pasangan sepakat dan siap untuk memiliki anak, maka persiapan selanjutnya yang bisa disiapkan adalah dengan melakukan pengecekan kondisi kesehatan. Beberapa kasus membuktikan bahwa tidak semua orang memiliki kesehatan yang cukup untuk memiliki anak.

Ada sebagian pasangan yang membutuhkan bantuan dokter agar bisa memiliki anak. Sehingga, pengecekan kondisi kesehatan bersama pasangan sangat diperlukan. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan gaya pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, serta konsumsi makanan bergizi seimbang.

Kamu juga bisa konsumsi suplemen tambahan yang mendukung untuk program kehamilan. Tentu, semua hal tersebut harus sesuai dengan saran dan resep dari dokter.

Luangkan Waktu Bersama Pasangan

Ilustrasi pasangan. (Special)

Selanjutnya, hal yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan untuk memiliki anak adalah saling meluangkan waktu bersama pasangan. Tidak menutup kemungkinan ketika memiliki anak, maka waktu bersama pasangan akan lebih berkurang. 

Sehingga, sambil menunggu kehadiran anak, kamu bisa merencanakan kegiatan yang membuat suasana semakin romantis bersama pasangan. Siapa tahu hal tersebut berujung positif pada kehamilan, tidak ada salahnya dicoba bukan?

Siapkan Kesabaran

Ilustrasi menikah dengan sahabat. (Special)

Ketika kamu telah melakukan semua persiapan di atas, maka persiapan terakhir yang tidak boleh diabaikan adalah kesabaran. Sebab, tidak semua hal bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Meski telah melakukan semua persiapan dengan optimal, namun semuanya akan kembali pada takdir Tuhan.

Jangan pernah menyerah dan putus asa, apalagi menyalahkan pasangan atas kondisi yang belum sesuai dengan keinginan. Kamu harus mempersiapkan kesabaran dalam menghadapi kenyataan hidup dalam sebuah pernikahan. 

Selain itu, makna dari sebuah pernikahan sangat universal bagi setiap individu. Sehingga, hadirnya seorang anak tidak bisa menjadi ukuran atas kebahagiaan masing-masing pasangan. Dengan menyiapkan kesabaran di dalam diri, siapa sangka tiba-tiba Tuhan menghadirkan anak padamu dan pasangan.