Hari Angklung Sedunia Dirayakan Google Doodle di Laman Awal Pencariannya

Rabu, 16 November 2022 | 18:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Hari Angklung Sedunia Dirayakan Google Doodle Di Laman Awal Pencariannya

Hari Angklung Sedunia. (Instagram.com/saungmangudjo)

Ladiestory.id - Terlihat dari laman beranda pencariannya, tepat pada Rabu (16/11/2022) Google Doodle menampilkan gambar sejumlah orang tengah memegang salah satu alat musik tradisional Indonesia, yakni angklung. 

Hal tersebut dilakukan, dalam rangka merayakan Hari Angklung Sedunia yang jatuh pada hari ini. Seperti diketahui, Google Doodle memang kerap menampilkan tampilan tertentu, untuk mengenang tokoh, atau merayakan hari besar tertentu. 

Google Doodle Hari Angklung Sedunia. (Instagram.com/saungmangudjo)

Pada tampilan beranda, tampak 6 orang lelaki dan perempuan tengah memainkan angklung, dengan cara menggetarkan alat musik tersebut. 

Berlatar warna khas Google, biru, merah muda, hijau dan kuning, saat pengguna mengarahkan kursor ke arah gambar, kata kunci angklung pun muncul dan langsung mengarahkan para pengguna untuk mengetahui lebih jauh mengenai alat musik Angklung tersebut.

Hari Angklung Sedunia. (Instagram.com/saungmangudjo)

Sementara itu, berbicara mengenai Angklung, alat musik bambu yang berasal dari daerah Jawa Barat ini diketahui telah resmi dinobatkan sebagai benda Warisan Dunia oleh UNESCO sejak 2010 lalu. Penobatan tersebut pun kini dirayakan setiap tahunnya sebagai Hari Angklung Sedunia, yang jatuh pada hari ini.

Hari Angklung Sedunia. (Instagram.com/saungmangudjo)

Menurut penjelasan yang dilansir dari Google, Angklung sebagai alat musik telah ditemukan sejak 400 tahun lalu di Jawa Barat. Orang dahulu percaya, jika suara bambu mampu menarik perhatian Dewi Sri, sebagai dewi padi dan dewi kemakmuran untuk memberkati hasil panen dari para warga.

Hari Angklung Sedunia. (Instagram.com/saungmangudjo)

Sebagai Warisan Dunia dari Indonesia, pertunjukan musik Angklung kerap ditampilkan oleh pihak pemerintah untuk menyambut tamu-tamu kehormatan di beragam acara kenegaraan.