Harus Bisa Atur Emosi, Begini Cara Atasi Konflik dalam Hubungan

Selasa, 23 Januari 2024 | 13:58:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Harus Bisa Atur Emosi, Begini Cara Atasi Konflik Dalam Hubungan

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Konflik dan perselisihan dalam suatu hubungan sangat wajar terjadi. Konflik yang terjadi dalam hubungan akan membantu seseorang untuk memahami perspektif dan perubahan pada pasangan dengan baik.

Konflik yang terjadi bisa memberikan dampak baik pada hubungan apabila konflik tersebut bisa diatasi dengan baik. Namun, jika konflik dibiarkan begitu saja, maka dapat menimbulkan kebencian.

“Dalam hubungan apa pun, konflik dan kesalahpahaman tidak bisa dihindari. Namun proses perpecahan dan perbaikanlah yang benar-benar memperkuat dan memperdalam hubungan kita,” tutur Linda Meredith, melansir Hindustan Times, Sabtu (20/1/2024).

Berikut cara mengatasi konflik dalam hubungan.

Cari Tahu Akar Masalah

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Saat sedang berselisih dengan pasangan, cobalah untuk mencari tahu akar permasalahan sesungguhnya. Terkadang apa yang didengar dari pasangan hanyalah permukaan masalahnya saja. Pancing pasangan untuk membuka diri dan menjelaskan apa yang sebenarnya membuat ia marah.

Hadapi Masalah

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Saat pasangan mulai menunjukkan tanda-tanda adanya konflik, seperti menolak bicara atau marah tanpa sebab, maka jangan menghindar atau menyepelekan hal tersebut. Hadapilah hal tersebut, bicarakan baik-baik dengan pasangan soal apa hal yang membuatnya marah, dan berdiskusilah untuk menemukan jalan keluarnya.

Kendalikan Emosi dan Nada Bicara

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Berusahalah  menghadapi konflik dengan perasaan yang tenang, karena emosi yang melak-ledak tidak akan menyelesaikan masalah. Buatlah kesepakatan untuk sama-sama tidak menggunakan nada suara yang tinggi atau keras, serta tidak memotong pembicaraan satu sama lain.

Refleksi Diri

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Refleksi merupakan proses introspeksi diri dengan cara merenung atau melihat kembali hal-hal yang telah terjadi di dalam hidup. Dalam menjalin hubungan, pasangan perlu merefleksi diri sendiri untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi daripada sebelumnya.

Saat terjadi konflik, ketahuilah sumber masalah yang terjadi berasal dari diri sendiri atau dari pasangan.

Kasih Sayang

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Daripada berlarut-larut dalam perselisihan, cobalah untuk mengingat-ingat kembali masa-masa indah dalam hubungan. Selesaikan masalah dan cobalah untuk saling mengerti satu sama lain atau mengungkapkan kasih sayang kepada pasangan. Mengungkapan kasih sayang kepada pasangan dapat membantu menumbuhkan ketahanan dan mendorong pertumbuhan emosional.