Heboh Soal Body Checking Finalis Miss Universe Indonesia, Begini Klarifikasi Poppy Capella

Rabu, 9 Agustus 2023 | 17:00:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Heboh Soal Body Checking Finalis Miss Universe Indonesia, Begini Klarifikasi Poppy Capella

Poppy Capella. (Instagram/poppycapella_)

Ladiestory.id - Perhelatan ajang kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 (MUID 2023) tengah menjadi kontroversi usai salah satu penanggung jawab finalis MUID 2023 regional Bali mengungkapkan fakta yang mencengangkan melalui media sosial Instagram-nya.

Dalam unggahannya, Sally Giovanni mengunggah sebuah tangkapan layar percakapannya dengan seseorang yang membahas terkait proses body checking para finalis yang terbilang nyeleneh.

Dalam percakapan tersebut, sang informan menginformasikan kepada Sally bahwa proses body checking yang dilalui oleh para finalis dinilai menyalahi aturan, bahkan mengarah ke pelecehan seksual.

“Selamat sore, saya dapat kabar anak2 bobdy check disuruh telanjang, tapi difoto. Apa diperbolehkan? Ini melanggar aturan lho, kalau ternyata disebar luaskan bagaimana?” isi pesan yang diunggah oleh Sally.

Sally Giovanni bersama beberapa finaliss Miss Universe Indonesia 2023 pun telah mengambil langkah dengan memperkarkan hal tersebut ke meja hijau.

Mengetahui adanya huru hara dalam ajang kecantikan yang dibinanya, Poppy Capella selaku Direktur Nasional Miss Universe Indonesia pun langsung memberikan klarifikasi.

Dalam pernyataannya, Poppy yang mengaku mengetahui tuduhan tersebut dari media massa dan pemberitaan tengah melakukan monitoring situasi.

Keterangan resmi Poppy Capella. (Instagram/missuniverse_id)

Poppy Capella juga menyatakan telah mengambil tindakan. Hal itu diungkap Poppy melalui unggahan di media sosial pribadinya.

"Terkait dengan pemberitaan media mengenai hal-hal yang terjadi dalam perhelatan Miss Universe Indonesia, tentunya menjadi perhatian kami di Miss Universe Indonesia," tulis keterangan resmi di story Instagram MUID 2023, yang dilansir pada Rabu (9/8/2023).

Lebih lanjut Poppy Capella mengatakan, pihaknya telah melakukan investigasi dan tengah memeriksa hal-hal yang dituduhkan pada penyelenggaraan Miss Universe Indonesia.

"Kami telah melakukan investigasi dan memeriksa hal-hal yang dituduhkan kepada kami yang mana kami mengetahui hal tersebut dari media massa," tuturnya.

Poppy mengaku akan segera mengambil sikap dan tindakan atas permasalahan ini, agar segala sesuatunya menjadi jelas dan kebenarannya bisa terungkap.

"Kami akan segera mengambil sikap maupun tindakan yang diperlukan terkait permasalahan agar menjadi jelas dan terang kebenarannya," tegasnya.

Diketahui dari penuturan kronologi para finalis, proses body checking dilaksanakan dua hari sebelum malam puncak grand final Miss Universe Indonesia 2023 berlangsung pada 3 Agustus 2023 lalu.

Dari keterangan para finalis, diketahui proses body checking tidak dilakukan di ruang privat atau tertutup tetapi di sebuah ballroom dengan sekat seadanya dan masih cukup terbuka.

Beberapa orang lalu-lalang baik pria maupun wanita pada saat proses body checking berlangsung dan dalam satu ruang ada empat finalis sekaligus untuk proses body checking.