Bisa Rusak Rambut, Yuk Segera Hentikan 5 Kesalahan Saat Keramas Ini!

Sabtu, 28 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Bisa Rusak Rambut, Yuk Segera Hentikan 5 Kesalahan Saat Keramas Ini!

Ilustrasi keramas. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu kegiatan rutin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut adalah keranas. Namun, coba perhatikan kembali, apakah kamu sudah melakukan keramas dengan baik dan benar. Karena, jika melakukan dengan buru-buru dan asal keramas saja, kondisi rambutmu bisa rusak dan tidak bersih maksimal, lho.

Bahkan, salah mencuci rambut atau keramas dapat menyebabkan kondisi rambut menjadi rontok, warna rambut memudar, hingga rambut lebih berminyak. Nah, berikut lima kesalahan umum saat keramas yang paling sering dilakukan dan dapat merusak kondisi rambut.

Rambut Kusut Saat Keramas

Ilustrasi keramas. (Special)

Kamu mungkin pernah buru-buru mandi karena terlambat untuk beraktivitas atau lupa merapikan rambutmu setelah bangun tidur sebelum keramas. Nah, kondisi rambut yang masih kusut ketika keramas dapat membuat folikel rambut tertarik dan dapat membuat rambut rapuh dan rontok, lho.

Maka dari itu, sebaiknya sebelum keramas kamu menyisir rambutmu terlebih dahulu dan merapikan rambut supaya tidak kusut. Hal ini dapat membuat kotoran dan minyak yang menempel di rambut dapat lebih mudah dibersihkan.

Tidak Bilas dengan Bersih

Ilustrasi keramas. (Special)

Keramas dan mencuci rambut ala kadarnya dapat meninggalkan kotoran dan minyak yang masih menempel pada kulit kepala atau rambut. Sampo yang masih tersisa dan menempel di permukaan rambut maupun kulit kepala dapat menyebabkan iritasi, sehingga dapat menghambat pertumbuhan rambut serta menyebabkan tersumbatnya folikel rambut. 

Nah, bilas rambut berulang kali hingga kondisi rambut dan kulit kepala benar-benar bersih dan tidak meninggalkan bekas sampo maupun bekas kimia lainnya pada rambut serta kulit kepala. Sambil keramas, kamu pun bisa melakukan pijatan lembut pada rambut dan kulit kepala agar dapat melancarkan peredaran darah.

Keramas dengan Air Hangat

Ilustrasi keramas. (Special)

Mandi dan keramas menggunakan air hangat tentu dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman, apalagi jika dilakukan setelah seharian beraktivitas. Namun, tanpa kamu sadari, keramas dengan air hangat atau air bersuhu panas dapat membuat kutikula rambut menjadi terbuka, sehingga rambut akan kehilangan kandungan minyak alami dan protein keratinnya. 

Selain itu, kondisi rambut pun akan lebih mudah kusam dan dapat membuat rambut menjadi mudah rapuh. Sebaiknya, kamu dapat menggunakan air suam-suam kuku atau air dingin saat keramas.

Tidak Gunakan Kondisioner

Ilustrasi keramas. (Special)

Ladies, penggunaan kondisioner dapat membantu mengurangi rambut yang kusut serta mengatasi rambut kering. Maka dari itu, jangan abaikan penggunaan kondisioner agar rambutmu tidak sulit diatur.

Keramas Setiap Hari

Ilustrasi keramas. (Special)

Kondisi gerah, panas dan rambut mudah lepek membuat kamu ingin segera keramas setiap hari untuk memberi kesegaran pada kulit kepala dan rambutmu. Eits, tahukah kamu keramas setiap hari juga dapat berdampak buruk pada kesehatan kulit kepala dan rambutmu?

Keramas setiap hari menggunakan sampo dapat merusak akar rambut dan kulit kepala. Hal ini dikarenakan beberapa sampo yang beredar di pasaran mengandung Sodium Lauryl Sulfat (SLS) yang kurang sehat, sehingga jika digunakan secara terus-menerus dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada kulit kepala.

Selain itu, keramas setiap hari dapat membuat kondisi rambut mudah patah serta kesuburan rambut akan terganggu. Sebaiknya, keramas dapat dilakukan sebanyak dua kali seminggu bagi kamu pemilik kulit kepala normal serta keramas sebanyak tuga kali seminggu bagi kamu pemilik kulit kepala berminyak.