Hijab Pashmina dan Segiempat, Mana Favoritmu?

Sabtu, 8 Januari 2022 | 13:00:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Hijab Pashmina Dan Segiempat, Mana Favoritmu?

Mega Iskanti. (Instagram.com/megaiskanti)

Ladiestory.id - Berhijab bukan lagi halangan untuk Kamu tampil fashion dan trendy. Ada berbagai jenis model hijab yang menunjang penampilanmu lho. Perlu Kamu ketahui bahwa  ada dua jenis hijab yang menjadi favorit untuk sebagian perempuan, yaitu segiempat dan pashmina.

Kedua model ini memiliki potongan simpel sehingga bisa dikreasikan menjadi berbagai bentuk. Berikut Ladiestory.id rangkum kelebihan dan kekurangan hijab model segiempat dan pashmina.

Pashmina

 

Ilustrasi perempuan mengenakan hijab pashmina. Instagram/ashryrrabani

Pashmina menjadi andalan jika ingin berpenampilan simple dan  anggun. Namun, Kamu perlu memahami dengan tepat cara untuk mengenakannya. Biasanya jika memakai hijab model ini, Kamu perlu menyematkan satu peniti atau jarum pentul di bagian dagu. Selanjutnya, Kamu bisa melilitkan sisa kain di leher.

Jika menggunakan hijab jenis ini apabila ingin tampil lebih modis, maka Kamu bisa melilitkan kerudung dengan menutupi tubuh. Selain itu, Kerudung ini mudah dibentuk mengikuti wajah sehingga memberikan efek yang lebih tirus atau lebih penuh.

Bukan hanya itu, beberapa pashmina memiliki bahan yang tidak mudah kusut yang membantu kita tak perlu sering-sering menyetrika. Namun, terkadang  pashmina cukup sulit dipakai untuk pemula pengguna hijab.

Sedangkan, jika ingin hijab terlihat rapi, maka perlu menggunakan dalaman dan menyematkannya dengan banyak penit supaya hijab tidak melorot dan tetap rapi walaupun lama digunakan. Perhatikan dengan benar, ketika pashmina dibagian belakang leher terkadang sering kurang rapi. Maka lebih baik, mengenakan pashmina dengan cara dililit ke depan atau kita bisa mengenakan baju dengan kerah tinggi atau ciput panjang, supaya bagian tengkuk tidak terlihat.

Hijab Segiempat

Ria Ricis. (Instagram.com/riaricis1795)

Sama halnya dengan hijab pasmina, bentuk segiempat sangat mudah dikreasikan. Kamu bisa melipat dua kemudian membiarkan hijab jatuh tanpa ikatan. Selain itu, bisa menggunakan kreasi dengan diikat pada sebagian di belakang leher, dililitkan di kepala, atau sematkan dengan aneka aksesoris pemanis.

Ada berbagai varian hijab segiempat yang tersedia dari warna dan motif. Hijab dengan bahan voal polos biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, hijab dengan bahan katun bermotif dan sutra cocok digunakan untuk pergi ke acara formal.

Hijab segiempat yang terbuat dari bahan yang agak kaku sebaiknya perlu selalu disetrika sebelum digunakan. Pasalnya ada beberapa bagian hijab yang mungkin terlihat kaku, berlipat sehingga tidak indah saat digunakan. Selain itu, beberapa hijab segiempat memiliki ruang lipat yang kecil yang membuat hijab ini jadi kurang fleksibel untuk dikreasikan.