Hindari! 5 Kesalahan Penggunaan Skincare yang Bikin Jerawat Semakin Meradang

Senin, 31 Juli 2023 | 18:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Hindari! 5 Kesalahan Penggunaan Skincare Yang Bikin Jerawat Semakin Meradang

Ilustrasi Kulit Berjerawat. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Ladies, masalah jerawat yang muncul pada wajah tentu membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Alhasil segala cara dilakukan, mulai dari perawatan alami hingga menggunakan rangkaian produk perawatan kecantikan atau skincare. Skincare yang digunakan ini pun terkadang meng klaim jika produknya dapat menghentikan masalah jerawat.

Namun, apabila kamu sudah menggunakan produk rangkaian skincare tetapi jerawatmu semakain meradang, bisa jadi kamu melakukan lima kesalahan ini, Ladies.

Tidak Rutin Bersihkan Wajah

Ilustrasi cuci muka. (Special)

 

Ladies, salah satu hal yang dapat membuat jerawat kembali muncul bahkan semakin meradang ketika kamu sudah menggunakan skincare bisa dikarenakan kamu tidak rutin membersihkan wajah. Apabila kamu malas membersihkan wajah secara berkala, hal ini akan menyebabkan tumpukan minyak, kotoran, maupun bekas makeup yang menempel di wajah dapat menimbulkan masalah jerawat.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu pun harus rutin melakukan double cleansing di malam hari serta menggunakan pembersih wajah di pagi hari untuk membantu mengangkat kotoran dan minyak secara optimal.

Sering Eksfoliasi

 

Ilustrasi eksfoliasi wajah. (Special)

 

Ladies, melakukan eksfoliasi tentunya dapat membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang bisa menjadi salah satu munculnya jerawat. Akan tetapi, jika kamu kecanduan bahkan sering melakukan eksfoliasi justru dapat membuat kulitmu iritasi dan jerawatmu akan semakin meradang.

Selain itu, apabila kulitmu terlalu sering dilakukan eksfoliasi maka permukaannya akan mudah kering sehingga wajahmu akan memproduksi lebih banyak minyak yang dapat memunculkan jerawat pada kulit. Sebaiknya kamu bisa melakukan eksfoliasi sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Membersihkan Wajah dengan Face Scrub

Ilustrasi melakukan eksfoliasi. (Special)

Ladies, membersihkan wajah dengan face scrub dengan teksturnya yang kasar dapat membuat kulit wajahmu menjadi iritasi. Apabila kamu melakukan hal ini justru membuat jerawat semakin parah dan lebih lama untuk sembuh. Nah, kamu pun bisa cukup melakukan eksfoliasi wajah tanpa harus melakukan face scrub berulang kali.

Mengabaikan Pelembap Wajah

Pelembab untuk wajah (istock)

 

Salah satu beauty item yang harus masuk dalam daftar skincare routine mu ialah pelembap wajah. Yup, pelembap wajah ini tak hanya menjadikan kulit wajahmu lembap, membantu menutrisi dari luar bahkan menjadikan kulitmu cerah dan lembut. Bahkan bagi kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat pun wajib menggunakan pelembap wajah.

Tentunya kamu juga dapat menyesuaikan jenis kulitmu untuk membantu melembapkan wajah walaupun sedang berjerawat. Apabila kamu memiliki tekstur kulit wajah yang berminyak, kamu bisa menggunakan jenis pelembap berstekstur lotion atau gel. Sedangkan bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, kamu bisa memilih tekstur pelembap yang kental.

Tidak Menggunakan Sunscreen

Ilustrasi Menggunakan Sunscreen. (Special)

 

Ladies, walaupun kamu sedang melakuka aktivitas indoor atau didalam ruangan, maka kamu tidak boleh melupakan penggunaan sun protector seperti sunscreen agar terhindar dari efek buruk sinar matahari. Hal ini pun berlaku bagi kamu si aktif yang selalu melakukan aktivitas maupun kegiatan diluar ruangan.

Efek buruk sinar matahari ini akan dapat membuat kulit lebih sensitif, munculnya tanda halus atau penuaan dini, hingga dapat menyebabkan munculnya sel kanker. Oleh sebab itu, selalu aplikasikan sunscreen saat kamu sedang berada didalam maupun diluar ruangan untuk membantu melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV. Kamu pun bisa memilih sunscreen dengan SPF tinggi untuk melindungi permukaan kulitmu.