Hindari 6 Hal Penyebab Terbangun di Tengah Malam

Selasa, 4 Januari 2022 | 01:00:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Hindari 6 Hal Penyebab Terbangun Di Tengah Malam

Ilustrasi perempuan terbangun di tengah malam. (Special)

Ladiestory.id - Terbangun malam-malam ketika tidur mungkin menjadi sesuatu hal yang sering terjadi. Salah satu faktornya adalah mimpi buruk. Namun ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan.

Tidur yang berlangsung kurang nyenyak akan membuat frustrasi. Seringkali Kamu merasa lelah namun tetap terjaga semalaman. Untuk itu, penting bagimu memahami penyebab umum yang mengganggu tidur.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Ladiestory.id berikan penyebab umum gangguan tidur.

Stres dengan Skala Berlebihan

Ilustrasi perempuan stres. (Special)

 Stres adalah penyumbang utama insomnia. Khawatir mungkin dialami pada segala aspek dari pekerjaan, keuangan, atau liburan masa depan. Berbagai hal ini dapat dijadikan sebuah alasan bangun di tengah malam.

Cara mudah untuk mengurangi stres, mulailah dengan melakukan olahraga yang lebih teratur dari berjalan kaki 10 menit saat makan siang atau setelah makan malam. Olahraga meningkatkan kualitas atau durasi tidur .

Kamar tidur terlalu panas

Suhu kamar dan tidur malam yang nyenyak saling terkait erat. Tubuh membutuhkan penurunan suhu sebagai tanda awal tidur. Ruangan yang terlalu hangat dapat membuat kesulitan untuk tertidur atau membuatmu tetap tertidur. Sehingga ini menjadikan potensi untuk Kamu terbangun di malam hari.

Tidur di ruangan yang sejuk dapat dijadikan sebuah saran untuk tidur nyenyak. Suhu ini biasanya kondusif untuk malam yang tenang. 

Terlalu Banyak Menatap Layar

Jadwal tidur bisa sangat kacau jika suka menggulir ponsel sebelum tidur. Itu karena gadget, seperti laptop, tablet, dan televisi, memancarkan cahaya biru, sejenis cahaya yang ditafsirkan otak sebagai siang hari. Cahaya biru sebenarnya menekan melatonin, hormon yang mempengaruhi ritme sirkadian dan seharusnya meningkat saat bersiap untuk tidur.

Dampak dari kegiatan ini adalah otak terasa terstimulasi. Ini tidak akan menjadi masalah jika melihat layar ponsel cerdas  di siang hari, tetapi jika melihat layar di tengah malam, otak akan bingung dan berpikir bahwa matahari sudah keluar, sehingga membuatnya semakin sulit untuk tertidur. 

Sering Bolak-balik Ke Kamar Mandi

Keinginan untuk buang air kecil di tengah malam pasti bisa menjadi salah satu penyebab kurang tidur. Tetapi harus menggunakan kamar mandi setiap malam bisa menjadi hasil lebih dari sekadar minum banyak air sebelum tidur.

Dampak dari kulit gatal dan teriritasi

Punya eksim? Kondisi kulit yang mengiritasi dapat mengganggu tidur. Penyakit ini dapat berdampak serius pada kualitas hidup pasien dan kesehatan secara keseluruhan, baik secara fisik maupun mental. Eksim dapat membawa perubahan sistem kekebalan tubuh dan respon inflamasi yang menghambat tidur. Plus, gatal-gatal pasien eksim biasanya memburuk di malam hari, membuat mereka tidak bisa tidur nyenyak atau sering terbangun.