Hindari, Ini 7 Efek Rokok pada Kecantikan

Minggu, 14 Mei 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Hindari, Ini 7 Efek Rokok Pada Kecantikan

Ilustrasi Efek Merokok. (Special)

Ladiestory.id - Kebiasaan merokok tak hanya dilakukan oleh pria namun dapat dilakukan pula oleh wanita. Kebiasaan merokok dapat memberikan efek candu bagi para penggunanya. Bagi kaum wanita bahaya merokok tentu dapat berdampak buruk bagi kesehatan maupun kecantikan. Hal ini sangat disayangkan apabila bagi kamu yang merokok. Selain perawatan kecantikan itu mahal, akan sangat merugikan rasanya jika kamu merokok. Nah, berikut ini tujuh efek buruk merokok yang dapat berdampak pada kecantikan.

Kulit Wajah Menua dan Keriput

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

Ladies, apabila kamu memiliki kebiasaan merokok maka sebaiknya dapat segera kamu hentikan. Para perokok akan memperlihatkan munculnya garis-garis halus di area mulut karena kebiasaan menghisap rokok ini. Sementara itu, kandungan nikotin dari rokok ini dapat melemahkan vitalitas kulit sehingga dapat memicu tanda-tanda penuaan pada kulit bahkan membuat kulit menjadi keriput, hal ini dapat ditandai dengan munculnya keriput di area mata, kening, leher maupun dada. Selain itu, perokok aktif dapat terlihat dua tahun lebih tua dibandingkan usia sebenarnya.

Munculnya Kantung Mata

Ilustrasi Mata Panda. (Special)

Ladies, kebiasaan merokok ini juga dapat mengakibatkan mata menjadi mudah lelah, alami gangguan sulit tidur hingga insomnia. Para perokok aktif pun kerap mengalami gangguan sulit tidur akibat efek nikotin dari rokok tersebut. Selain itu, akibat sering merokok akan muncul kantung mata, lingkaran hitam di bawah mata ataupun mata panda.

Munculnya Age Spot

Ilustrasi age spot. (Special)

Tak hanya dipengaruhi oleh paparan sinar matahari atau radikal bebas, efek buruk dari merokok selanjutnya ialah dapat mengakibatkan munculnya age spot pada wajah. Nikotin dapat melemahkan vitalitas serta menghilangkan nutrisi pada kulit. Hal ini pula yang akan menyebabkan para perokok lebih rentan mengalami bintik hitam di kulit atau age spot jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Gigi Kuning

Ilustrasi gigi kuning. (Special)

Kandungan nikotin pada rokok dapat membuat penampilan menjadi kurang memukau, hal ini dapat berdampak pada kesehatan gigi dan menyebabkan gigi menguning. Apabila merokok dilakukan dalam jangka waktu yang lama maka nikotin ini pun dapat membuat warna gigi menjadi kecoklatan, menghitam bahkan membuat gigi menjadi keropos. Selain itu, senyawa nikotin yang terkandung dalam rokok ini juga dapat menyebabkan masalah pada gusi serta dapat membuat jaringan gusi menjadi lunak serta dapat mengakibatkan gigi menjadi mudah patah. Gusi pun akan menghitam atau warnanya berubah menjadi gelap dari kondisi normalnya.

Munculnya Stretch Marks

Ilustrasi stretch marks. (Special)

Yup, umumnya masalah stretch marks dapat disebabkan karena adanya kenaikan berat badan maupun penurunan berat badan secara drastis. Namun, begitu pula jika sering merokok, gejala stretch marks pun bisa saja muncul. Hal ini dikarenakan efek dari nikotin yang membuat kulit tidak bisa menjaga elastisitasnya, alhasil akan muncul garis-garis halus pada kulit berupa stretch marks.

Kerusakan Rambut

Ilustrasi kerusakan rambut. (Special)

Ladies, terlalu sering merokok juga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Rambut akan lebih mudah kusam, kering dan rapuh. Hal ini dikarenakan menyusutnya pembuluh darah yang berdampak pada sirkulasi darah di kulit kepala sehingga terjadinya kerusakan pada rambut.

Kanker Kulit

Ilustrasi kanker kulit. (Special)

Efek selanjutnya yang dapat timbul akibat sering merokok adalah dapat menyebabkan kanker kulit. Bagi perokok aktif dapat memiliki risiko lebih tinggi mengalami karsinoma sel skuamosa. Sementara itu, bagi perokok dengan melanoma 40 persen dapat lebih kecil untuk dapat bertahan hidup jika dibandingkan bukan perokok.

Nah, Ladies itulah ke tujuh efek buruk yang dapat saja muncul akibat kecanduan merokok dan berpengaruh pada kecantikan. Mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk ini karena kamu begitu berharga. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.