Ibu Wajib Berikan Bayi ASI Ekslusif, Ini Dia 7 Manfaatnya

Rabu, 9 Februari 2022 | 14:30:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Ibu Wajib Berikan Bayi Asi Ekslusif, Ini Dia 7 Manfaatnya

Ilustrasi menyusui. (Special)

Ladiestory.id - ASI merupakan air susu yang diproduksi oleh tubuh ibu yang baru melahirkan, ASI ini sangat penting untuk bayi. Karena dalam ASI terdapat banyak nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi kedepannya, seperti vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak. Tak hanya itu komposisi ASI lebih mudah dicerna daripada susu formula. 

Bayi berusia 0-6 bulan disarankan untuk mengonsumsi ASI saja atau disebut fase ASI eksklusif. Alasannya, selain untuk antibodi awal bayi, namun juga ASI terdiri dari banyak sekali manfaat untuk tumbuh kembang bayi.

Namun setelah usia bayi mencapai umur 6 bulan, bayi sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi MPASI yang terdiri dari aneka makanan dengan kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Tetapi, pemberian ASI tetap bisa dilanjutkan hingga usianya 2 tahun.

Tidak hanya untuk bayi saja, ASI juga bisa memberikan manfaat bagi sang ibu. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa bayi dan ibu dapatkan dari pemberian ASI eksklusif:

1. Sistem Kekebalan Tubuh yang Tetap Terjaga

Foto: Ladiestory.id

Air susu ibu sendiri merangsang pembentukan kekebalan tubuh karena zat yang terkandung daalam ASI yaitu sebagian besar antibodi. Dengan antibodi yang terserap oleh bayi melalui ASI, bayi tidak mudah terkena penyakit dari berbagai virus.

2. Berat badan yang ideal

Foto: wolipop - detikcom

Jauh berbeda dengan susu formula, ASI dikatakan para ahli dapat memproduksi insulin dengan baik. Alhasil, lemak yang dikonsumsi bayi tidak akan terbentuk di dalam tubuh, hingga berat pada bayi tetap normal dan ideal. 

3. Mendapat limpahan kolesterol

Foto: Ladiestory.id

Kolesterol sangat buruk dikonsumsi oleh orang dewasa, namun hal itu terbalik dan tidak berlaku pada bayi. Tumbuh kembang bayi juga dipengaruhi oleh asupan kolesterol yang ada dalam kandungan ASI.

4.Mengurangi risiko terjadinya SIDS

Foto: Ladiestory.id

SIDS sendiri merupakan kepanjangan dari sindrom kematian bayi mendadak. Bayi cenderung masih sangat sensitif dengan tubuhnya yang mungil. Maka dari itu, banyak terjadi kematian mendadak pada bay ketika sang bayi tertidur. ASI adalah kunci untuk mencegahnya. Mengurangi risiko SID, ASI wajib diberikan kepada bayi setidaknya sampai selama 2 bulan.

5. Memperkuat hubungan ibu dan anak

Foto: Ladiestory.id

Manfaat yang selanjutnya masuk ke psikologi. Nah dalam dunia psikologi saat ibu menyusui bayi, maka otomatis akan bersentuhan dengan kulit sang bayi dan itu pasti akan langsung saling bertatapan. Hal inilah yang bisa memperkuat hubungan antara ibu dengan bayinya. 

6. Dapat memiliki kecerdasan dalam berfikir dan memahami sesuatu

Ilustrasi bayi. (Special)

Menurut para ahli, asam lemak yang terkandung dalam ASI menjadi keutamaan dalam membentuk kecerdasan otak bayi. Para ahli juga menerangkan hal serupa bahwa kecerdasan anak bergantung dengan ASI yang dikonsumsinya.

7. Tulang bayi lebih kuat.

Foto: Ladiestory.id

Tulang bayi masih sangat lunak untuk memudahkan ketika dikeluarkan dari mulut rahim. Oleh sebab itu, pemberian ASI dapat memperkuat tulang bayi. Hal ini sangat penting, karena seiring tumbuhnya bayi, tulang pun harus semakin kuat. Setidaknya berikan ASI selama kurang lebih 3 bulan. Karena efeknya akan sangat berbeda dengan yang hanya mengonsumsi susu formula.