Ibunda Irwansyah Meninggal, Inilah Pesan Terakhirnya

Rabu, 10 November 2021 | 11:25:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Ibunda Irwansyah Meninggal, Inilah Pesan Terakhirnya

Foto: Instagram/irwansyah_15

Ladiestroy.id - Kabar duka datang dari keluarga aktor Irwansyah. Ibunda Irwansyah, Herlianah, meninggal dunia pada Rabu (4/8/2021). Kabar duka tersebut diketahui dari unggahan istri Irwansyah, Zaskia Sungkar lewat fitur Insta Story.

Ibunda Irwansyah Meninggal

Foto: Instagram/irwansyah_15

Zaskia Sungkar membagikan potret sang suami yang sedang melakukan panggilan video. Ia berharap mertuanya mendapatkan tempat terbaik dari sang Pencipta.

"Kumpul di surga InsyaAllah ya ma, Allaahummaghfir laha warham ha wa'aafi ha wa'fu anha," tulis Zaskia Sungkar.

Kabar meninggalnya ibunda Irwansyah juga dibagikan oleh Arie Untung di akun Instagram pribadinya.

"Innalillahi Wa InnaIlaihi Roji'uun.. Allahumaghfirlaha Warhamha Wa'afihi Wa'fuanha.. Husnul Khotimah, In Shaa Allah," ujar Arie.

Arie menyebut jika ibunda Irwansyah masih sangat sehat ketika dirinya bertemu terakhir kali, dua bulan yang lalu.

"Turut berduka ya ji @Irwansyah_15 Qadarullah 2 bulan yang lalu ketemu beliau masih sehat sambil gendong ukasya," katanya.

Arie Untung menilai ibunda Irwansyah sangat setia, karena menyusul kepergian sang suami, yang lebih dulu meninggal.

"Bokap nyokap pasangan romantis ga mau dipisahin lama2 Mereka langsung mau buru2 ketemuan lagi di jannah. Aamiin ya Rabbal Alamiin," tutur Arie.

Meninggal karena Covid-19

Sebelumnya, ibu dari Irwansyah mendapatkan penanganan intensif di ruang ICU RS Premier Bintaro. Pada 20 Juli, Zaskia sempat mengungkapkan bahwa Ibunda Irwansyah terpapar Covid-19 dan sempat mengalami penurunan.

Irwansyah mengungkapkan saturasi oksigen sang mama jauh di bawah normal. Selain itu, ibunda Irwansyah masih berada di ICU dan menggunakan alat bantu pernapasan.

"Saturasi mama di bawah 50 ," kata Irwansyah dikutip dari YouTube The Sungkars Family,

Lanjut, Zaskia Sungkar menambahkan kondisi ibu mertuanya sangat kritis. Lantaran Herlianah sempat mengalami oksigen di dalam darah tinggal 30 persen.

Dokter rumah sakit pun sudah mengatakan bahwa kondisi ini berat untuk ibunda Irwansyah. Selain itu, pihak medis juga menyerahkan semua keputusan kepada keluarga Herlianah.

"Tapi sebenarnya mama memang dalam keadaan yang sangat kritis."

"Karena kondisinya mama waktu itu oksigen di dalam darah tinggal 30 persen," terang Zaskia Sungkar.

Pesan Terakhir Ibu Irwansyah

Foto: Instagram/irwansyah_15

Meski begitu, Herlianah ternyata sempat menyampaikan pesan pada anak-anaknya sebelum dinyatakan kritis. Sang ibunda Irwansyah berujar agar tidak perlu pakai alat bantu medis apapun apabila kondisinya terus menurun.

"Sementara mama ada wasiat ke kita, sebelum mama akhirnya nggak sadar."

"Nanti kalau misal mama gimana-gimana, mama nggak mau dipaksain pakai alat bantu," tambahnya.

Irwansyah lantas mengupayakan berbagai hal demi kesembuhan sang ibunda. Akan tetapi semua yang ia lakukan ternyata belum membuahkan hasil maksimal.

Ayah satu anak itu menerangkan saturasi oksigen Herlianah masih tetap di angka 40 persen. Padahal obat-obatan tersebut menurutnya sudah mahal dan merupakan yang terbaik untuk saat ini.

"Obat kita nanya sana sini sama temen dokter, sampai yang buat aku lumayan mahal, susahnya dicari."

"Sampai plasma kita juga nge-blast dan mama nggak membaik dengan obat itu," jelas Irwansyah.

Kendati demikian, Irwansyah pilih untuk memasrahkan diri pada sang Pencipta.

"Aku mulai berpikir kita bukan ikhlas, tapi harus serahin semua ke Allah," tutur Irwansyah.

Sempat Sadar dari Koma Saat Dengar Al-Qur'an

Namun sebenarnya, dari meninggalnya ibunda Irwansyah ada banyak hal yang bisa dipelajari oleh kedua pasangan selebritas ini, bahkan mungkin oleh kita semua. Salah satunya adalah kecintaan sang bunda kepada Al-Qur'an yang membawa keajaiban di penghujung usianya.

Keajaiban tersebut terjadi ketika kondisi Herlianah semakin memburuk karena tidak menerima asupan obat. Herlianah yang sedang terbaring koma tersadar saat perawat menyetelkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an titipan Irwansyah dan Zaskia Sungkar, tersadar kembali padahal dokter sudah angkat tangan.

Tak hanya membuka kedua matanya, Herlianah bahkan bisa mengangkat tangan dan menitipkan pesan kepada perawat agar tetap membiarkan murotal menyala.

"Mama melek, mama cuma ngomong sama perawatnya, minta jangan dimatiin murotal-nya," kata Zaskia Sungkar.

"Dia angkat tangan di video tuh nunjukin bahwasanya aku masih idup, gitu, gue masih berjuang, dan mama minta anaknya juga berjuang," sambung Irwansyah.