Idap Kelainan Saraf Langka, Celine Dion Sulit Nyanyi seperti Dulu

Jumat, 9 Desember 2022 | 11:00:00

Idap Kelainan Saraf Langka, Celine Dion Sulit Nyanyi Seperti Dulu

Celine Dion. (Special)

Ladiestory.id - Celine Dion mengungkap kabar mengejutkan terkait kondisi kesehatannya. Penyanyi dunia ini mengidap penyakit saraf langka yang disebut Stiff Person Syndrome (SPS). Menurut pakar medis, kelainan ini hanya terjadi pada sekitar satu atau dua orang dalam satu juta populasi. 

Pengumuman tersebut disampaikan Celine lewat pesan video emosional yang diunggah di Instagram, Kamis (8/12/2022). Dia mengatakan bahwa kondisi tersebut membuat ototnya kejang tak terkendali. Penyakit itu juga membuatnya kesulitan untuk bernyanyi seperti dulu. 

"Baru-baru ini saya didiagnosis dengan gangguan neurologis yang sangat langka yang disebut sindrom orang kaku yang memengaruhi sekitar satu dari sejuta orang," kata pelantun "My Heart Will Go On".

"Sementara kita masih belajar tentang kondisi langka ini, kita sekarang tahu inilah yang menyebabkan semua kejang yang saya alami," sambungnya.

Stiff Person Syndrome yang diidapnya telah memengaruhi kehidupan sehari-hari. Akibatnya, Celine Dion terpaksa membatalkan rangkaian konser pada tahun depan. 

Celine Dion Idap Penyakit Langka. (Instagram.com/celinedion)

"Sayangnya, kejang ini memengaruhi setiap aspek kehidupan sehari-hari saya, terkadang menyebabkan kesulitan saat berjalan dan tidak memungkinkan saya menggunakan pita suara untuk bernyanyi seperti biasanya," ujarnya sambil menahan tangis.

"Menyakitkan bagi saya untuk memberi tahu Anda hari ini bahwa ini berarti saya tidak akan siap untuk memulai kembali tur saya di Eropa pada Februari," lanjutnya.

Celine Dion mengatakan bahwa dia selalu berupaya untuk pulih. Dia mendapat dukungan dari tim medis dan keluarga selama proses pemulihan yang ia sebut sebagai perjuangan. 

"Perawatan khusus akan memperbaiki gejalanya, tetapi tidak akan menyembuhkan gangguannya," katanya.

“Saya bekerja keras dengan terapis kedokteran olahraga saya setiap hari untuk membangun kembali kekuatan dan kemampuan saya untuk tampil lagi. Tapi aku harus mengakui itu adalah perjuangan," ungkapnya. 

Pemenang Grammy ini mengaku rindu dengan penggemarnya. Dia ingin segera pulih dan kembali bernyanyi di atas panggung. Sementara itu, pertunjukan musim semi 2023 akan dijadwalkan ulang pada 2024.

“Jaga dirimu dengan baik. Aku sangat mencintai kalian, dan aku sangat berharap bisa bertemu kalian lagi secepatnya," tambahnya.