Idol Kpop yang Beragama Islam, Manny VARSITY?

Senin, 21 Juni 2021 | 19:08:32

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Idol Kpop yang Beragama Islam, Manny VARSITY?

Foto: Instagram/varsitymanny

Kini produk hiburan Korea Selatan semakin digandrungi masyarakat Indonesia. Mulai dari film, musik Kpop hingga drama Korea, atau yang sering disebut sebagai Drakor.

Kpop singkatan dari Korean pop adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik Kpop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara.

Seperti yang kita tahu bahwa di Korea Selatan, jumlah penduduknya yang memeluk agak Islam bisa dikatakan tidak tinggi. 

Korea Selatan adalah negara yang indah dan kaya akan budaya. Budaya zaman kuno pun tetap hidup berdampingan dengan teknologi yang maju. Penduduknya memang menyukai gaya hidup barat, namun kebiasaan-kebiasaan tradisionalnya tak pernah ditinggalkan. Hal ini lah yang terkadang membuat orang luar susah memahaminya.

Namun menjadi minoritas, tidak membuat idol dan youtuber Kpop asal Korea ini jadi minder lho. Justru mereka bangga dengan identitasnya sebagai muslim. Ini dia deretan nama idol Kpop yang beragama Islam

Idol Kpop yang Beragama Islam

1. Manny VARSITY

Foto: Instagram/varsitymanny

Anggota termuda dari boyband VARSITY, Xiao Dongcheng atau dikenal dengan nama panggungnya Manny merupakan idol KPop yang Islam yang pertama di Korea.

Dirinya diketahui memeluk agama Islam setelah salah satu membernya Seungbo mengatakan bahwa Manny tidak bisa memakan daging babi lantaran larangan agamanya. 

2. Ujung Oppa

Foto: Instagram/hwangwoojoong

Youtuber yang memiliki nama asli Hwang Woo Joong ini resmi memeluk agama Islam pada tahun 2019 lalu. Lewat kisahnya yang ia unggah dalam video, Ujung Oppa mengaku bahwa merasa tentram saat mendengar selawat. 

3. Song Bora

Foto: Instagram/borasongfans

Song Bora adalah selebgram asal Korea Selatan yang hits di kalangan muslimah nih guys. Mengambil jurusan bahasa Arab saat kuliah, ternyata mengantarkan dirinya untuk mendalami ilmu agama Islam. Tak disangka, tahun 2007 statusnya berubah menjadi mualaf.

4. Daud Kim

Foto: Instagram/jaehan9192

Jika kamu merupakan subscriber dari channel YouTube Jay Kim, pasti sudah tak asing lagi dengan nama lainnya yaitu Daud Kim. Pada tahun 2019 lalu, ia memantapkan dirinya untuk memeluk agama Islam. Sejak saat itu, Daud Kim tidak ragu untuk mengunggah kegiatan barunya sebagai seorang muslim.

5. Kang Nayeon

Foto: Instagram/nayeon.kang_

Kang Nayeon mengubah namanya menjadi Safiya Kang saat dirinya memeluk agama Islam. Hingga saat ini, Safiya memiliki restoran halal di Korea dan aktif dalam organisasi Islam Korea.

Pertama Kali, Korea Punya Boyband dengan Anggota Muslim

Mahershala Ali mencetak sejarah di Academy Awards dengan menjadi aktor Muslim pertama yang membawa pulang Piala Oscar. Kini di Korea pun ada boyband pertama yang beragama Islam.

Soompi memberitakan, VARSITY merupakan grup musik yang dikenal sebagai keberagamannya dan menjadikan salah satu boyband yang memiliki idol Kpop yang beragama Islam.

Namun baru dalam sebuah wawancara belakangan ini diketahui bahwa salah satu dari mereka beragama Islam. VARSITY tengah mengambil gambar untuk video klip Music Bank kala itu. Mereka kemudian berbicara soal menyantap rebusan kimchi untuk sarapan pagi harinya.

Rebusan kimchi, di banyak tempat di Korea memang seringkali mengandung babi. Kalau pun tidak terdapat daging babi, ada kandungan minyak babi atau kaldu babi di air rebusannya. Sementara babi, seperti diketahui, termasuk makanan yang diharamkan di agama Islam.

VARSITY lalu menuturkan, salah satu personel mereka yang bernama Manny lah yang Muslim.

Manny kemudian melanjutkan, kalau teman-temannya menyantap makanan yang mengandung babi, ia biasanya memilih kuliner yang aman seperti omelet gulung atau ia juga makan ayam.

Manny merupakan personel VARSITY yang termuda. Ia dilahirkan pada 17 November 2001, dan mengawali karier di dunia model sejak masih belia. Dari kecil, Manny memang sudah diarahkan menjadi penyanyi dan aktor dengan mempelajari dunia hiburan.

VARSITY sendiri tergolong grup band yang masih baru. Mereka baru debut 5 Januari lalu dengan lagu berjudul U R My Only One. Mereka mencuri perhatian karena keberagaman personelnya, yang terdiri atas tujuh warga negara Korea dan lima warga negara China. Beberapa dari mereka bahkan tidak besar di kampung halamannya, melainkan di Dubai.

Karena latar belakang yang beragam itu, VARSITY bisa berbicara dengan para penggemarnya dalam berbagai bahasa pula: Korea, Inggris, China, Arab, bahkan Perancis. Kini mereka juga bisa mencapai penggemar Muslim karena baru terungkap salah satu personelnya Islam.

Tidak menyangka bahwa ada beberapa deretan nama idol Kpop yang beragama Islam.

Berita Terkait