Intip Perjalanan Karier Penyanyi Rossa

Jumat, 7 Januari 2022 | 10:46:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Intip Perjalanan Karier Penyanyi Rossa

Ilustrasi Rossa (Specal)

Ladiestory.id - Penyanyi Rossa adalah seorang penyanyi solo terbaik yang menjadi diva Tanah Air. Ternyata, awal kemunculan Rossa di industri musik sebenarnya terjadi secara tanpa sengaja. Faktanya, Rossa ketika kecil sudah memiliki hobi bernyanyi. Kala itu, ibunya menemani tes vokal di Jakarta. Rossa memainkan headphone rekaman kemudian mencoba-coba bernyanyi.

Memulai karir sebagai penyanyi cilik

Pemilik nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handiyani lahir di Sumedang tanggal 9 Oktober 1978 mengawali kariernya sebagai penyanyi cilik. Tidak banyak yang mengetahui jika itu langkah pertamanya berada di dunia musik. Saat itu, Rossa merilis album perdana dengan judul 'Gadis Ingusan' pada 1988. Kemudian, Rossa kembali muncul album yang bernama 'Untuk Sahabatku' pada 1990. Walaupun kedua album memang belum dikatakan sukses.

Ilustrasi Rossa (Specal)
Ilustrasi Rossa (Specal)

Hadir dengan Berbagai Lagu Hits

Di album ketiga yang dirlis ketika Rossa dewasa adalah Nada-Nada Cinta. Album yang dirilis pada 1996. Setelah itu, album keempat Rossa hadir dengan judul Tegar rilis pada 1999. Dari album inilah Rossa memperoleh empat kali Platinum Awards. Kemudian di album selanjutnya adalah Hati Yang Terpilih rilis pada 2000. Selain itu, pada album yang dirilis Rossa berhasil menciptakan berbagai Hits yang populer tidak hanya di Indonesia hingga negara-negara tetangga.

Setelah itu di Tahun 2008, Rossa adalah penyanyi utama di album kompilasi OST. Ayat-Ayat Cinta. Masuk tahun 2009, Rossa kembali merilis album kesepuluh dengan berjudul Rossa atau Self-Titled.Saat itu, Rossa hadir dengan album The Best of Rossa di tahun 2011. Setelah masuk 2014 Rossa masih membuat album dengan judul Love, Life & Music. 

Bahkan hingga saat ini, Rossa terus mengeluarkan hits single populer bahkan masa sampai sekarang. Inilah deretan single hits yang dibawakan oleh Rossa adalah Nada-nada Cinta, Tegar, Hati Yang Terpilih, Atas Nama Cinta, Kini, Ayat-Ayat Cinta, Hey Ladies, Hati Yang Kau Sakiti, Tega, Cerita Cinta, Pudar, Takdir Cinta, Memeluk Bulan, Ku Menunggu, Tak Sanggup Lagi, Hijrah Cinta, One Night Lover, dan yang lainnya.

Ilustrasi Rossa (Specal)
Ilustrasi Rossa (Specal)

 

Penghargaan yang Berhasil didapatkan Rossa

Prestasi Rossa memang tidak perlu diragukan lagi, dia berhasil memecahkan rekor penjualan album tertinggi sepanjang sejarah musik Indonesia. Album Rossa yang dirilis berjudul Love, Life & Music di tahun 2014 yang terjual lebih dari 100.000. Sungguh menakjubkan, Copy CD dengan kurun waktu satu hari telah ditetapkan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Di tahun 2017 pada album terbaru yang berjudul A New Chapter, Rossa memperoleh 4x Platinum Awards bahkan album ini menjadi hasil kolaborasidengan musisi internasional, Mitch Allan. Di album ini, Rossa berperan sebagai produser.

Tidak hanya itu, Rossa memperoleh penghargaan tertinggi dari 'Anugerah Planet Muzik ke-17' dengan penghargaan 'Planet Music Special Award/Legend Award' pada tahun 2018 di Singapura. Penghargaan yang didapatkan Rossa sebagai artis Indonesia sukses menembus pasaran musik melayu. Bukan hanya itu, Rossa berhasil memenangkan penghargaan dari 'Big Apple Music Awards 2018' di Amerika menjadi  'The Best Indonesian Artist 2018'. Prestasinya tidak dari penghargaan musik saja, tapi Rossa diberikan gelar 'DATO SRI' dari Malaysia.

Berhasil Mengadakan Konser Tunggal

Di tahun 2011 Rossa berhasil membuat karya konser tunggal dengan tajuk 'Harmoni Cinta' di Esplanade, Singapura. Ini menjadi salah satu tempat prestisius di dunia sehingga banyak musisi memimpikan ingin bisa tampil di sana. Faktanya, Konser tunggal Rossa berjalan sukses bahkan seluruh tiket konser habis terjual. Disana, Rossa nampak memukau membawakan sejumlah single hits seperti Tegar, Hati Yang Terpilih, Atas Nama Cinta, Kini, Ayat-Ayat Cinta, Hey Ladies, Hati Yang Kau Sakiti, Tega, Cerita Cinta, Pudar, Memeluk Bulan, dan Ku Menunggu.

Ilustrasi Rossa (Specal)
Ilustrasi Rossa (Specal)

Berkolaborasi seru dengan 'Suju'

Tidak banyak yang menyangka, tapi Rossa berkolaborasi dengan boyband fenomenal dari Korea Selatan, Super Junior atau 'Suju'. Faktanya memang Rossa adalah artis pertama Indonesia yang berhasil kolaborasi bersama artis Korea di naungan SM Entertainment. Kolaborasi mereka terjadi pertengahan 2019. Kolaborasi ini direncanakan oleh kerjasama dari Transmedia dan SM Entertainment supaya perkembangan budaya Indonesia dilakukan bersama SM Entertainment.