Wajib Waspada! Ilmuwan Deteksi Adanya “Virus Zombie” Berusia Nyaris 50 Ribu Tahun

Jumat, 2 Desember 2022 | 11:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Wajib Waspada! Ilmuwan Deteksi Adanya “Virus Zombie” Berusia Nyaris 50 Ribu Tahun

Ilustrasi Zombie. (Spesial)

Ladiestory.id - Seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 yang mulai berangsur membaik, para ilmuwan justru kembali dikejutkan dengan terdeteksinya virus baru yang berpotensi menjadi pandemi yang mulai saat ini wajib diwaspadai oleh masyarakat.

Dilansir laporan Sky News pada Kamis (1/12/2022), virus yang disebut dengan nama “Virus Zombie” tersebut ditemukan oleh sekelompok ilmuwan dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis, usai selama ini terperangkap di permafrost, atau lapisan tanah yang beku di Siberia sekitar nyaris 50 ribu tahun.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Jean-Marie Alempic, selaku ahli mikrobiologi Prancis, salah satu virus akan tetap menular meski telah terperangkap di lapisan es yang dalam selama puluhan ribu tahun.

Dikenal sebagai pandoravirus, menurut hasil penelitian, virus ini hanya akan menginfeksi organisme bersel tunggal dan kemungkinan tidak mengancam bagi manusia. Selain itu, dalam studi yang belum ditinjau oleh rekan sejawat tersebut mengungkap, bahwa sejauh ini penelitian lebih lanjut masih akan terus dilakukan.

Ilustrasi Virus. (Special)

Selanjutnya, menurut informasi yang beredar, Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis masih akan terus melakukan penelitian untuk menilai apakah “Virus Zombie” ini akan berbahaya atau tidak bagi kehidupan manusia ke depannya.

Sementara itu, mengenai virus tersebut, para ilmuwan mengatakan jika hal itu bisa saja kembali terdeteksi meski telah puluhan ribu tahun, mengingat lapisan tanah beku pun saat ini mulai mencair menyusul adanya perubahan iklim yang ekstrim beberapa waktu belakangan. 

Perubahan iklim yang salah satunya saling berkaitan dengan peningkatan suhu global, membuat sejumlah es atau lapisan beku mencair. Sehingga, mikroba dan virus yang sebelumnya sempat membeku pun ikut mencair dan memiliki kemungkinan untuk hidup kembali.