Imbas Kasus Body Checking Miss Universe Indonesia, Poppy Capella Diperiksa Polisi

Jumat, 8 September 2023 | 20:04:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Imbas Kasus Body Checking Miss Universe Indonesia, Poppy Capella Diperiksa Polisi

Poppy Capella. (Instagram/poppycapella_)

Ladiestory.id - Poppy Capella selaku National Director Miss Universe Indonesia 2023 akhirnya diperiksa oleh pihak berwajib atas kasus dugaan peserta Miss Universe Indonesia yang diduga difoto tanpa busana saat melakukan body checking.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko telah mengonfirmasi hal tersebut. Ia menyebut pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap Poppy Capella.

“Kemarin sudah dilaksanakan pemeriksaan terlapor 1, atas nama Poppy,” kata Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, melansir berbagai sumber, pada Jumat (8/9/2023).

Bukan hanya Poppy Capella, ada nama lain, yakni Sarah yang akan diperiksa. Namun, belum diketahui Sarah berperan sebagai apa dalam kasus body checking tersebut.

“Hari ini agenda pemeriksaan terlapor 3 atas nama Sarah,” lanjut Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

Poppy Capella. (Instagram/poppycapella_)

 

Lebih lanjut, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko juga menyebut bahwa sudah ada 19 saksi yang telah diperiksa terkait foto tanpa busana yang dilakukan saat body checking dalam ajang Miss Universe Indonesia tersebut.

“19 orang saksi pada proses penyidikan ini yang telah diperiksa dengan status saksi,” tuturnya.

Imbas adanya kasus tersebut, jabatan National Director Miss Universe Indonesia dan Malaysia yang disandang oleh Poppy Capella telah dicabut oleh Miss Universe Organization (MOU) pada 12 Agustus 2023 lalu. 

Sebagai informasi, sebelumnya salah satu finalis dari Miss Universe Indonesia berinisial PKN telah melaporkan pihak penyelenggara ajang tersebut ke Polda Metro Jaya. Laporan tersebut dibuat berdasarkan isu yang telah ramai beredar di kalangan publik mengenai para finalis yang difoto tanpa busana saat melakukan body checking.

Usai adanya laporan tersebut, Poppy Capella pun membantah tindakan yang telah dituduhkan terhadap pihaknya tersebut. Ia mengatakan bahwa pihaknya mengecam soal pelecehan seksual. Poppy Capella membantah terlibat dalam skandal body checking tersebut.

“Dengan ini saya tegaskan bahwa Saya sebagai National Director dan sebagai Pemilik ijin Miss Universe Indonesia tidak terlibat sama sekali dan tidak pernah mengetahui, menyuruh, meminta atau menginginkan siapapun yang berperan dan berpartisipasi dalam proses penyelenggaraan Miss Universe Indonesia 2023 untuk melakukan kekerasan atau pelecehan seksual melalui body checking sebagaimana yang ramai diberitakan,” isi pernyataan Poppy Capella, Agustus lalu.