Ini Alasan Film Horor Indonesia Sangat Menyeramkan

Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:00:00

Ini Alasan Film Horor Indonesia Sangat Menyeramkan

Ilustrasi nonton film horor. (Special)

Ladiestory.id - Saat ini dunia perfilman Indonesia mulai mengalami kemajuan karena terdapat banyak perubahan pada kualitasnya. Hal ini ditandai dengan adanya berbagai film fenomenal, seperti The Raid, serta aktor dan aktris yang mulai dikenal dikancah internasional. Salah satu film yang mengalami kemajuan pesat adalah film dengan genre horor di Indonesia.

Sejak dulu, film horor merupakan salah satu genre yang memiliki daya tarik tinggi bagi masyarakat. Hal ini karenakan film horor Indonesia sering dianggap lebih menyeramkan dibandingkan dengan film horor luar negeri. Hal tersebut akibat penggambaran bentuk hantunya secara visual, alur cerita, isu, kisah atau sejarah yang diangkat, serta audionya yang menegangkan.

Bagi kamu pecinta film horor, simak beberapa alasan berikut mengapa film horor Indonesia terkesan lebih menyeramkan daripada film horor luar negeri.

Penggambaran Bentuk Hantu

Film Horor Indonesia. (Special)

Kamu pasti pernah mengalami pernyataan absurd yang sering diucapkan oleh orang tua. Misalnya, kalau tidak mau tidur, nanti akan ada hantu yang datang. Sehingga, secara tidak langsung hal tersebut akan terus-menerus teringat hingga dewasa. Budaya inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa orang Indonesia tidak pernah bisa terlepas dari hal-hal menyeramkan ketika menonton film horor. Apalagi di Indonesia, gambaran bentuk hantunya cukup simpel, namun dapat memberikan kesan yang ebih seram dibanding hantu luar negeri.

Sosok Hantu Berhubungan dengan Tragedi

Film Horor Indonesia. (Special)

Di Indonesia, film horor biasa dikaitkan atau bahkan diangkat dari tragedi yang pernah terjadi. Seperti tragedi kecelakaan, pelecehan, dan lain sebagainya. Hal itulah yang menyebabkan film horor Indonesia terkesan lebih seram karena tragedi tragis dapat mempengaruhi mental dan psikis seseorang yang tengah membaca atau melihat filmnya.

Relate dan Simpel

Ilustrasi Menonton Film Horor Indonesia. (Special)

Sosok penyihir jahat yang hobi menculik anak-anak, makhluk mengerikan dari mitologi Yunani, atau manusia serigala yang berburu manusia ternyata tidak lebih seram jika dibandingkan dengan cerita-cerita hantu lokal. Sosoknya yang biasa diceritakan membuat semua orang lebih relate dan dekat dengan kehidupan, sehingga lebih terkesan menyeramkan.

Mitos

Ilustrasi Menonton Film Horor Indonesia. (Special)

Adanya mitos yang sering diceritakan oleh orang-orang sekitar, biasanya membuat semua orang terbayang-bayang, bahkan saat filmnya telah selesai ditonton. Hal inilah yang membuat siapa pun yang menontonnya semakin takut dan merasa film horor Indonesia lebih menyeramkan.

Audio Menegangkan

Ilustrasi Menonton Film Horor Indonesia. (Special)

Biasanya, film horor Indonesia tidak terlalu jauh dari audio yang menyeramkan. Adanya pergeseran frekuensi yang dikaitkan dengan adegan sedih dramatis, serta kebisingan yang dikaitkan dengan kengerian dan ketakutan menjadi perpaduan yang dapat menggugah emosi dan menciptakan ketegangan dalam film.

Itulah 5 alasan mengapa film horor Indonesia terkesan lebih menyeramkan dibandingkan film horor luar negeri. Selamat menonton!