Ini Perlengkapan yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Bayi Lahir

Jumat, 20 Maret 2020 | 14:31:00

LS Parenting

Penulis : LS Parenting

Ini Perlengkapan Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Bayi Lahir

Begitu diberitahu oleh dokter bahwa kamu sedang hamil--pasti kamu senang. Kamu pun mulai merencanakan segala hal, mulai dari persiapan melahirkan, memilih nama bayi, sampai mempersiapkan peralatan-peralatan yang akan berguna untuk si bayi. Agar kamu tidak lupa, berikut Ladiestory buatkan daftar beberapa perlengkapan bayi baru yang harus kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelum anak lahir. 

Perlengkapan Mandi

Selain kesehatan, menjaga kebersihan bayi adalah bagian penting dari perawatan yang orangtua berikan untuk si keci. Bayi yang bersih akan merasa nyaman sehingga lebih bebas mengeksplorasi lingkungannya. Stimulasi yang diberikan pada bayi pun akan diterima dengan lebih optimal. Bak mandi bayi, sabun dan sampo, baby oil, tisu basah, handuk dan kapas steril adalah beberapa perlengkapan mandi bayi yang sudah harus kamu punya saat kelahiran sang buah hati tercinta.

Produk Perawatan Kulit Bayi 

IDAI merekomendasikan para orangtua untuk memilih sabun bayi ringan yang sesuai dengan pH netral kulit (5,5) dengan kandungan parfum dan pewarna seminimal mungkin untuk menghindari reaksi sensitif pada kulit. Menurut IDAI, sebaiknya hindari sabun dengan antiseptik (fenol, kresol), deodoran (triklosan, heksaklorofen), dan sabun yang mengandung detergen, seperti sodium lauryl sulphate (SLS) yang dapat menimbulkan iritasi maupun sodium lauryl ether sulfate (SLES) yang bisa beracun bila terserap kulit si kecil.

Stoller

Baby stroller ini sangat penting tapi yang berkualitas tinggi biasanya memang cukup mahal. Agar tidak memberatkan keuanganmu, coba beli dengan cara mencicil. Atau lebih hebat lagi jika kamu bisa bertanya kepada teman atau anggota keluarga lain yang memiliki stroller masih bagus tapi sudah tidak dipakai lagi. Dengan begini kamu bisa lebih berhemat. Hanya pastikan saja untuk melakukan pembersihan menyeluruh jika mendapatkan preloved stroller

Baby Cream 2in1

Penting banget memiliki krim yang cocok untuk bayi. Bayi baru lahir terkadang masih memiliki kulit yang sensitif, seperti gampang kemerahan, ruam popok, dan masalah iritasi kulit lainnya. Untuk melindungi kulitnya, pastikan memilih krim yang paling lembut, dengan kandungan dan minimal bahan kimia.

Ohya, ada lho krim yang memiliki manfaat 2in1 sehingga kamu tidak perlu menggunakan banyak jenis krim. Biasanya krim 2in1 ini bisa berguna untuk mengatasi ruam popok dan iritasi kulit yang kemerahan. Krim bayi 2in1 ini diformulasi khusus untuk kulit bayi yang baru lahir (newborn) dan mengandung bahan-bahan alami seperti minyak zaitun organik, minyak chamomile alami, dan air murni.

Botol Susu

Mungkin sebagian orangtua baru tidak menyadari pentingnya membeli botol susu. Ini berguna, terutama ketika bayi baru lahir. Pasalnya, saat bayi sudah terlahir ke dunia dengan selamat, sering kali kamu belum bisa memproduksi ASI. Tidak jarang produksi ASI lancar satu sampai tiga hari setelah melahirkan--tergantung pada kondisi masing-masing tubuh. Dan botol susu ini akan tetap berguna, terutama jika kamu kembali bekerja dan harus menyetok ASI di rumah. 

Jadi, itulah beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang wajib dipersiapkan menjelang kelahiran si kecil. Apakah kamu punya saran dan pengalaman seputar perlengkapan bayi baru lahir? Berbagi yuk, di sini

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Irina Murza