Ini Skincare Bayi Baru Lahir, Anda Harus Tahu

Rabu, 7 Juli 2021 | 15:19:24

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Ini Skincare Bayi Baru Lahir, Anda Harus Tahu

Foto: Ladiestory.id

Di awal kelahiran, si kecil membutuhkan perawatan kulit atau skincare bayi yang menjamin kesehatan dan kenyamanannya.

Apalagi, kulit bayi masih sangat lembut dan rentan terhadap terjadinya iritasi kulit. Sehingga saat memilih produk perawatan kulit untuk bayi harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. 

Artikel ini akan membahas seputar produk skincare khusus untuk bayi baru lahir. Silakan perhatikan dan simak hingga akhir agar Anda dapat terbantu dalam memilih produk skincare yang dibutuhkan new born baby. 

8 Macam Produk Skincare Bayi Baru Lahir 

Berikut adalah beberapa produk yang dibutuhkan new born baby. Catat ya, biar nggak lupa. 

Pembersih Tubuh Baby 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Produk pertama adalah pembersih tubuh bayi yang biasanya berupa sabun batang atau sabun cair. Untuk menghindari iritasi kulit pada bayi, hindari memilih produk sabun bayi yang mengandung paraben, parfum, SLS dan bahan berbahaya lainnya.

Pilih sabun bayi dengan pH seimbang agar tidak membuat kulit kering pada si kecil. Juga jangan lupa untuk memastikan bahwa produk yang dipilih sudah berlabel hypoallergenic untuk menghindari iritasi kulit pada bayi. 

Shampoo Bayi 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Rambut bayi baru lahir jauh lebih tipis dan lembut sehingga membutuhkan shampoo khusus yang sesuai dengan usianya. Agar tidak salah pilih, moms bisa menggunakan produk shampoo dengan pH seimbang. 

Selain itu, pastikan bahwa produk yang Anda pilih tidak mengandung sodium laureth sulfate (SLES) dan sodium lauryl sulfate (SLS). Karena kedua zat ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit kepala bayi. 

Lotion Pelembab Khusus Bayi 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Tahukah Anda bahwa kulit bayi baru lahir jauh lebih mudah kering ketimbang kulit orang dewasa. Selain itu, kulit bayi juga mudah mengalami iritasi sehingga butuh pelembab untuk mengatasinya. 

Produk pelembab dipercaya dapat mengatasi masalah kulit kering dan iritasi pada bayi. Namun, jika dilakukan secara berlebihan produk ini juga dapat menyebabkan biang keringat. Jadi, sebaiknya hanya gunakan lotion pelembab bayi setelah mandi saja. 

Cream Anti Ruam 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Selanjutnya ada cream anti ruam yang dapat membantu mengatasi masalah ruam pada kulit bayi. Ruam ini biasanya terjadi pada lipatan kulit atau daerah yang tertutup popok yang memang cenderung lembab. 

Berbeda dengan lotion bayi, cream ini memiliki kandungan vitamin A dan E yang baik untuk perlindungan kulit. Sehingga jika diaplikasikan, cream ini dapat mencegah terjadinya ruam pada kulit bayi. 

Minyak Telon 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Bayi baru lahir sangat rentan terhadap cuaca dingin. Ia bisa lebih mudah masuk angin terutama setelah mandi. Untuk itu, perlu memberikan minyak telon ke kulit si kecil setelah mandi. 

Tak hanya memberi kehangatan untuk si kecil, minyak telon juga dapat meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Aplikasikan minyak telon tidak hanya setelah mandi namun pada waktu-waktu tertentu yang memang dibutuhkan. 

Baby Oil 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Terakhir ada baby oil yang menjadi penutup pada pembahasan skincare untuk bayi baru lahir kali ini. Baby oil ini sendiri merupakan alternatif lain juka bayi Anda tidak cocok menggunakan pelembab. 

Di dalam baby oil ini memiliki kandungan yang dapat menyerap ke dalam kulit dan membuat kulit bayi selalu lembab. Selain itu, baby oil juga bisa dijadikan untuk pijat bayi dan sebagai perawatan untuk masalah iritasi dan ruam kulit pada bayi. 

Itulah beberapa jenis skincare yang sangat dibutuhkan untuk new born baby. Jangan lupa untuk selalu teliti membaca kandungan dan manfaat dari produk yang akan Anda beli.